Lima Tips Touring Bersama Komunitas

Kegiatan yang sering komunitas mobil lakukan adalah touring. Kegiatan ini terdengar sangat simpel dan sepele, namun ternyata banyak hal yang harus dipersiapkan pada saat touring.
Dan berikut ini adalah tips aman touring ala Komunitas Trailblazer Indonesia (TBZI).

1. Periksa Kondisi Kendaraan

Memeriksa kondisi kendaraan sangatlah penting, mulai dari mengecek lampu, oli, rem, ban dan air wiper. Selain itu pengisian bahan bakar pun harus selalu diperhatikan agar tidak merepotkan dan menghambat perjalanan.

2. Perencanaan Rute

Ketika mengadakan touring, harus memiliki rute yang pasti serta tempat peristirahatan seperti SPBU dan bengkel.

3. Tertib Lalu Lintas

Touring selalu melibatkan kendaraan dalam jumlah banyak, biasanya sering menjadi arogan dengan tidak memperhatikan lampu lalu lintas, apalagi jika mendapat pengawalan. Perilaku ini sangatlah tidak seharusnya dilakukan. Tetap harus mematuhi peraturan lalu lintas serta menghormati semua pengendara di jalan.

4. Pastikan Komunikasi Lancar

Komunikasi dalam hal ini bisa dengan pemberian sinyal ataupun membunyikan klakson panjang. Dan seharusnya juga setiap mobil dilengkapi dengan navigasi hingga HT.

5. Siapkan Barang Bawaan

Barang yang seharusnya disiapkan disetiap kendaraan pada saat touring adalah barang yang penting seperti power bank, charger gawai, senter, kabel jumper aki, kotak P3K, tali pengikat barang hingga strap untuk mengerek mobil.

Penulis : Helmi Alfriandi
Artikel ini disadur dari Oto.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *