Kumpul Bareng Komunitas Gamer di GLP 2019

Games Land Party (GLP) 2019 segera digelar di Surabaya pada 24 dan 25 Agustus 2019. Acara tersebut bakal menjadi wadah berkumpulnya para gamer dari berbagai platform, juga untuk menunjukkan bahwa esports kini menjadi industri baru yang berkembang pesat.

“Ajang ini kami hadirkan untuk memberikan wadah bagi pelanggan yang mencintai game dan esports serta sebagai salah satu upaya kami untuk membangun ekosistem digital entertainment lifestyle bagi masyarakat Indonesia,” papar Christian Suryadi, Direktur Pengembangan Bisnis PT Electronic Sports Indonesia (ESID) sebagai penyelenggara acara.

Dia menerangkan, esports muncul sebagai salah satu fenomena digital dengan game sebagai daya pikatnya. ”Yang menarik dari esports ialah mayoritas game yang dipertandingkan membutuhkan kerja sama dan kolaborasi berbagai karakter dengan sebuah tujuan dan objektif yang sama yaitu juara,” terang pria yang telah 13 tahun berkecimpung di dunia esports Indonesia dan Asia Tenggara itu.

GLP 2019 ini bakal menjadi ajang kopi darat (kopdar) semua komunitas gamers di Indonesia. Acara yang dihelat di Jatim Expo Surabaya ini juga rencananya akan dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Dia akan menjadi keynote speech kepada para pengunjung yang menghadiri gelaran tersebut.

Menurut Rudiantara, esports bukan sekadar permainan, tapi sudah menjadi ajang professional. “Ini peluang bagi Indonesia, tidak hanya untuk mengembangkan game lokal tapi menjadi wadah bagi anak muda kita mengukir prestasi esports di level internasional,” ungkap Rudiantara.

Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa dalam urusan games dan esports, peran pemerintah lebih sebagai fasilitator dan akselerator, bukan sebagai regulator. “Satu-satunya regulasi yang diterbitkan Kemkominfo terkait games hanyalah Peraturan Menteri No 11 Tahun 2016 tentang Klasifikasi Umum Permainan Interkatif Elektronik. Ini menunjukka bahwa Pemerintah ingin industri games dan esports ini berkembang lebih cepat,” jelas Menteri Rudiantara.

Editor : Fadhil Al Birra

Artikel ini telah tayang di JawaPos.com

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *