Genera.Z, Komunitas Teater Musikal untuk Generasi Z

Genera.Z merupakan komunitas teater musikal anak-anak yang mengkhususkan diri dalam pengembangan dan edukasi terhadap Generasi Z, yang merupakan kelompok generasi yang paling mutakhir, dengan kelompok usia rata-rata 1-16 tahun.

“Saya punya concern bahwa anak-anak generasi Z itu adalah generasi yang dekat dengan gadget dan elektronik. Bagaimana agar gadget dan elektronik itu tidak menjadi sesuatu yang negatif, melainkan menjadi sesuatu yang positif,” kata pendiri komunitas Genera.Z, Renata Tirta ketika berbincang dengan Gatra.com di Jakarta, Kamis (8/8).

Renata mengungkapkan keinginannya untuk dapat memberikan kontribusi terhadap fenomena anak saat ini. “Makanya perlu ada message-message yang disampaikan ke mereka,” imbuhnya.

Komunitas Genera.Z berdiri pada September 2018 silam. Mereka memiliki jadwal rutin untuk berkumpul setiap Jumat, dan melakukan pertunjukan teater sebulan sekali. Latihan tak dilakukan intens sebab anak-anak ini juga punya kegiatan lain di luar komunitas teater tersebut.  Ada yang aktif di bidang olahraga, musik, ada pula yang sibuk akademisnya. Bahkan, ada juga yang jadi duta anti narkoba untuk anak-anak.

“Siapa aja boleh gabung. Tapi karena nama komunitas ini adalah Genera-Z, fokusnya memang lebih ke Generasi Z. Komunitasnya ini baru memiliki anggota sebanyak 23 anak,” ujarnya.

Saat tak ada pertunjukan, mereka inisiatif melakukan pentas terbuka di mall-mall di seluruh Jakarta.

Pada Kamis malam, Genera.Z mementaskan pertunjukan keduanya di Galeri Indonesia Kaya (GIK),  Mall Grand Indonesia, Jakarta. “Kami berharap komunitas ini semakin luas, semakin bertambah pula kegiatan musikal anak di Indonesia,” imbuh Renata.

Reporter: Almer Sidqi

Editor: Flora L.Y. Barus

Artikel ini telah tayang di Gatra.com

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *