Tiga Program Komunitas Peduli Gowa, Bantu Pemda Raih Piala Adipura

GOWA – Komunitas Peduli Gowa menargetkan pembuatan 1.000 biopori, 1.000 bank sampah unit, 1.000 penampungan limbah minyak jelantah, dan 1.000 titik lokasi cleanup yang tersebar di 18 kecamatan se-Kabupaten Gowa.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Komunitas Peduli Gowa, Muhammad Hidayatullah saat melakukan audiens di Rumah Jabatan Wakil Bupati Gowa, Rabu (28/8/2019).

“Puncaknya pada 21 September, namun sebelum itu kita akan turun langsung ke lapangan mensosialisasikan dulu di 18 kecamatan agar target pembentukan 1.000 bank sampah, biopori, penampungan limbah bisa terpenuhi,” kata Hidayatullah.

Pembuatan biopori, bank sampah, dan lokasi clean up tersebut akan dipamerkan dalam World Cleanup Day (WCD) 2019  yang dilaksanakan oleh Komunitas Peduli Gowa pada 21 September mendatang yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Selain mendukung gerakan Gowa bersih, Hidayatullah mengaku siap membantu Pemkab Gowa meraih Piala Adipura melalui pembuatan bank sampah unit. Apalagi, kegiatan tersebut akan melibatkan seluruh kecamatan di Gowa dan serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia dan 150 negara.

“Kalau WCD tahun lalu hanya di Tinggimoncong saja, tapi tahun ini semua kecamatan kami libatkan pembuatan bank sampah unit inikan salah satu penilaian adipura karena melalui bank sampah ini akan diketahui neraca berapa banyak sampah yang sudah ditangani di Gowa yang tersebar di 18 kecamatan,” tambahya.

Olehnya, dirinya berharap kegiatan ini bisa melibatkan seluruh masyarakat Kabupaten Gowa demi mewujudkan Gowa bersih dan bebas sampah plastik.

Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa, H Marsuki sangat menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya Pemkab Gowa saat ini memang sedang gencarnya menggerakan Gowa bersih, dengan kegiatan tersebut dirinya terbantu mensosialisasikan kegiatan itu.

“Bagus sekali sehingga patut kita dukung, apalagi dalam meningkatkan capaian piala adipura dan penanganan sampah karena membantu Pemkab Gowa menggerakkan Gowa bersih, apalagi ada pembentukan bank sampah salah satu syarat mendapatkan Piala Adipura,” katanya.

Untuk itu, dirinya mengimbau agar masyarakat bisa ikut berpartisipasi terhadap kegiatan ini dalam rangka menuju Gowa yang lebih bersih.

Penulis: Muh. Ishak Agus
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Artikel ini telah tayang di RAKYATKU NEWS
Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *