Tips Aman Berinvestasi Saham Ala Founder Komunitas Investor Saham Pemula

Berinvestasi saham saat ini dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk oleh kaum muda. Bagi kalian pemula yang ingin mencoba berinvestasi saham, namun ragu untuk melakukannya, berikut ini adalah beberapa tips aman bagi para calon investor yang ingin berinvestasi di tengah ketidakpastian ekonomi global menurut Frisca Devi Choirina, Founder Komunitas Investor Saham Pemula (ISP).

1. Usahakan berinvestasi dengan menggunakan dana/uang sendiri.

Dengan kata lain, hindari berinvestasi dengan berutang. Saat ini generasi milenial dapat lebih mudah untuk mendapatkan dana pinjaman dan utang seiring dengan maraknya pinjaman online dan kartu kredit. Untuk itu, ia sangat menekankan agar berinvestasi menggunakan dana menganggur dan sebisa mungkin untuk tidak berutang.

2. Jangan terlalu berlebihan dalam berinvestasi.

Investasi saham bisa dilakukan menggunakan sistem menabung secara berkala dan mengangsur. Yang terpenting adalah menyesuaikan dengan kemampuan ekonomi.

3. Jangan telalu ‘serakah’ dalam mengambil untung.

Pasar modal sangatlah fluktuatif sehingga tidak ada acuan kapan investor harus menjual sahamnya. Jika dirasa kondisi pasar saat ini memungkinkan untuk menjual saham, investor dapat menjual sahamnya.

4. Konsisten

Konsistensi berarti berapa lama seorang investor mampu bertahan di pasar modal. Konsistensi ini akan berdampak pada tujuan finansial seorang investor. Tujuan finansial masing-masing investor pasti menyesuaikan jenjang usia. Oleh karena itu, konsistensi investasi di pasar modal bisa menjadi salah satu alat untuk mencapai tujuan finansial.

5. Tetap tenang dalam menyikapi kondisi pasar.

Kondisi pasar yang fluktuatif saat ini dapat mempengaruhi mental dan psikologis para investor khususnya investor pemula dan investor milenial. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, maka investor akan terbiasa menghadapi kondisi pasar yang fluktuatif.

Artikel ini disadur dari Kontan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *