STARTING A STARTUP BUSINESS IN COLLEGE BERSAMA PUTRA EKA PRAKOSO

Startup adalah salah satu usaha yang sedang digandrungi oleh anak muda masa kini.
Sebagian besar anak muda lebih memilih untuk mendirikan usaha startup sekalipun masih menempuh bangku perkuliahan. Kali ini Center Stage yang diadakan oleh Arena.id pada Jumat, 23 Agustus 2019 memiliki tema Starting a Startup Business in College bersama dengan Putra Eka Prakoso selaku CEO dan Business Intelligence Mentoria Indonesia (Mentoria.id).

Mentoria.id ini merupakan startup yang didirikan dengan tujuan memfasilitasi anak muda Indonesia dalam menemukan passion dan mengembangkan bakat melalui pelatihan offline dan online course. Dalam acara kali ini Kak Putra, panggilannya ingin menjelaskan mengenai apa itu startup dan bagaimana memulai untuk mendirikannya serta suka duka dalam menjalani bisnis ini.

Acara ini dibagi dalam tiga sesi, sesi pertama penjelasan dari Kak Putra mengenai apa itu mentoria.id dan bagaimana awal mula Kak Putra menjalankan bisnisnya serta suka duka yang dialami oleh Kak Putra. Sesi kedua adalah penjelasan mengenai materi dari Kak Putra dan sesi ketiga adalah sesi tanya jawab dari peserta online yang tergabung bersama Arena.

Awal sesi pertama Kak Putra menjelaskan bagaimana memulai terjun dalam bisnis yang bukan karena passionnya tapi karena keterpaksaan. Namun dari keterpaksaan itu, Kak Putra mulai mendalami bisnis startup ini dan mulai menyukainya dan passion terbentuk dari usaha dan kerja kerasnya. Kak Putra pun menjelaskan mengenai jatuh bangunnya membangun usahanya, banyak yang tidak percaya dengannya hingga memandangnya sebelah mata.

Banyak permasalahan pendidikan di Indonesia, banyak yang masih menganggap bahwa pintar itu hanya diukur dengan angka yang diperoleh dari bidang akademik saja, padahal semua orang memiliki keunikan tersendiri.

Menjadi seorang enterpreneur salah satu kuncinya adalah dengan mengubah mindset kita sendiri. Mau atau tidak dan mencoba untuk mengembangkan zona nyaman lebih luas lagi bukan keluar dari zona nyaman supaya lebih siap dalam menghadapi kegagalan yang nantinya akan dihadapi.

Di Sesi kedua Kak Putra menjelaskan mengenai materi yang sangat penting bagi para mahasiswa yang akan mencoba untuk menggeluti bisnis dibidang startup ini.

Sesi terakhir adalah sesi tanya jawab. Kak Putra mulai menjawab pertanyaan beberapa participating organizer, yaitu perwakilan dari BEM Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, BEM Universitas Lambang Mangkurat, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer Universitas Lampung, Institut Teknologi Nasional, Institut Seni Budaya Indonesia, Politeknik Statistika STIS, Sahabat Inspirator Indonesia dan Institut Teknologi Harapan Bangsa. Selain itu juga terdapat beberapa pertanyaan dari peserta umum yang telah bergabung bersama dengan Arena.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *