HOW TO START A BUSINESS FROM SCRATCH IN A BEAUTY INDUSTRY BERSAMA NAULA KAMILA

Kecantikan memang perlu diperhatikan oleh setiap wanita. Dan saat ini cantik bukanlah hanya menjadi sebuah impian, karena banyak penyedia jasa kecantikan yang ditawarkan. Salah satunya adalah Mecapan. Mecapan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kecantikan yang berfokus untuk mempertemukan antara wanita yang membutuhkan jasa kecantikan dengan para beauty provider yang ingin berkembang dan juga ingin menemukan para customer mereka.

Arenaidn kali ini dalam program Center Stage pada hari Jumat, 30 Agustus 2019 dengan tema How To Start A Business From Scratch In A Beauty Industry Bersama Naula Kamila akan membahas mengenai Mecapan lebih jauh dan juga perjuangan Kak Naula dalam membangun bisnis Mecapan ini. Naula Kamila sendiri merupakan CO-Founder dan CEO Mecapan. Pengalamannya dalam memimpin dan mengelola organisasi saat menempuh kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, menjadikan ia sosok yang kompeten memimpin Mecapan sebagai pionir startup penyedia jasa kecantikan di Indonesia.

Acara kali ini dibagi kedalam tiga sesi. Sesi pertama adalah menjelaskan mengenai Mecapan secara detail. Mecapan tidak hanya memudahkan orang dalam mencari penyedia jasa kecantikan yang sesuai dengan keinginan mereka, baik dari segi treatment maupun harga, tetapi Mecapan juga menyediakan pemberdayaan bagi para penyedia jasa sendiri.

Di sesi kedua adalah penyampaian materi dari Kak Naula tentang bagaimana membuka bisnis sendiri dari nol. Kak Naula sendiri memulai bisnis Mecapan ini sejak masih di bangku kuliah. Hal pertama dalam memulai bisnis adalah menggali pertanyaan-pertanyaan di dalam diri sendiri untuk menyakinkan diri sendiri apakah benar-benar ingin menjadi seorang enterpreneur atau tidak, karena menjadi seorang enterpreneur itu berat dan membutuhkan komitmen yang tinggi.

Setelah mengetahui tentang bisnis yang akan dijalani, hal berikutnya adalah bisnis visibilities yang meliputi beberapa pitch deck, antara lain, produck, introduction, vission and mission, executive summary, your team, problem, solution, benefits, target market and market share, competitors and competitive advantage, business model, projection, fundrising plan dan why you.

Kemudian satu hal yang terpenting lagi adalah tim. Tim yang baik akan membantu memecahkan suatu masalah dalam bisnis dan juga yang akan menentukan keberhasilan bisnis yang sedang djalankan.

Quote terakhir dari Kak Naula untuk memulai bisnis, “Dream big, Start Small  But Most of All, Start”.

Di sesi ketiga ini adalah tanya jawab dari Participating Organizer dan juga dari beberapa audience yang telah bergabung bersama dengan Arenaidn. Participating Organizer terdiri dari BEM Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya, BEM FEB Universitas 17 Agustus 1945, BEM FEB Universitas Sebelas Maret,  BEM KEMA Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran, BEM Psikologi Universitas Persada Indonesia Yayasan Administrasi Indonesia, Dewan Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada.

 

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *