6 Tips Merawat Rambut yang Rusak Parah Karena Paparan Polusi

Polusi udara ternyata tidak hanya berdampak buruk bagi kecantikan kulit, namun juga bisa berdampak buruk bagi rambut. Ciri-ciri rambut yang rusak karena polusi biasanya akan terasa sangat kering, kasar dan juga rapuh. Nah, berikut ini adalah tips merawat rambut rusak agar kembali sehat dan terhindar dari bahaya polusi.

1. Pakai heatprotection.

Heat protection ada yang dilengkapi dengan penangkal sinar UV, oleh karena itu heat protection dapat dimanfaatkan untuk melindungi rambut supata protein didalamnya tetap terjaga dan tidak rusak akibat polusi.

2. Pilih shampo dan kondisioner khsusus rambut rusak.

Memilih produk yang mengandung keratin akan membantu memperbaiki kerusakan rambut akibat polusi. Kondisioner pun tidak boleh terlewatkan karena bisa menjaga kadar air dan mengembalikan kelembapan yang dibutuhkan oleh rambut.

3. Jangan lewatkan penggunaan masker rambut.

Menggunakan masker rambut minimal seminggu sekali. Bisa dengan bahan alami seperti alpukat, minyak kelapa, madu atau pisang, madu dan yogurt atau bisa juga memakai hair oil.

4. Atur frekuensi keramas dan penggunaan alat styling.

Sebaiknya jangan terlalu sering keramas, karena akan menguras kelembapan rambut dan teksturnya bisa menjadi kering. Selain itu diusahakan untuk tidak menggunakan hair dryer, catokan atau curling iron setiap hari.

5. Lindungi rambut.

Jika sedang beraktifitas di luar ruangan, sebaiknya menggunakan aksesoris seperti topi, syal atau hair band. Dan bagi pengendara motor, sebaiknya rambut tetap terikat untuk mengurangi dampak terkena polusi.

6.Lakukan hair trimming secara rutin.

Ujung rambut adalah bagian yang paling sedikit mendapatkan nutrisi sehingga mudah kering dan bercabang. Untuk itu hair trimming secara rutin bisa mengurangi beban rambut dan membuat bagian rambut lainnya lebih sehat.

Artikel ini disadur dari Qupas Beauty

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *