7 Tips Balik Ngeblog Lagi Setelah Lama Hiatus

Menulis blog merupakan suatu hal yang menyenangkan. Namun beberapa orang ada yang pernah terhenti lama dari kegiatan menulisnya atau sering disebut dengan hiatus. Bagi kalian yang sudah lama hiatus dan ingin kembali menulis, berikut ini beberapa tips supaya tidak bingung memulai darimana.

1. Ganti template.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengganti template yang reader-friendly supaya terlihat lebih fresh dan semangat menulis semakin menyala-nyala.

2. Cari topik tulisan.

Untuk lebih semangat menulis blog, carilah topik yang pas dan triggering. Misalnya, menulis tentang hobi atau bisa juga membahas mengenai sesuatu yang sedang hangat diperbicangkan.

3. Pancing dengan polling.

Jika sudah menemukan topik yang ingin ditulis dalam blog, selanjutnya adalah mencoba untuk mencuri perhatian dengan memancing reaksi dengan polling. Polling bisa dibuat dengan aplikasi FB, twitter atau pun Instagram.

4. Tak perlu terlalu panjang.

Sebagai awalan, tidak perlu menulis terlalu panjang agar tidak cepat malas. Namun cukup 200-300 kata untuk membiasakan menulis. Tetapi ketika sudah mulai menulis dan malah panjang itu juga tidak apa-apa, karena yang terpenting adalah merasa bahagia dulu.

5. Permanis dengan giveaway.

Supaya lebih seru ketika menulis blog, bisa dengan penambahan giveaway, tidak perlu mahal, yang penting manis dan lucu.

6. Umumkan jika sudah mulai menulis blog lagi.

Jangan lupa untuk mempromosikan tulisan di blog, dan juga ajak teman-teman untuk giveaway (jika ada). Dan jika perlu jangan cuma sekali mempromosikannya, bisa diulang beberapa kali.

7. Jangan istirahat kelamaan.

Berhenti menulis atau “cuti” dalam menulis blog karena jenuh atau karena kesibukan itu adalah hal yang wajar, namun jangan terlalu lama. Karena memulai lagi untuk menulis blog secara konsisten itu sulit atau irama ngeblog-nya susah untuk dibuat lagi. Banyaklah untuk memotivasi diri sendiri supaya lebih bersemangat dan konsisten kembali dalam menulis.

Penulis : Carolina Ratri

Artikel ini disadur dari Emak2Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *