Komunitas Koka Pinrang Resmi Dikukuhkan

Pengurus Komunitas Kopi dan Kakao (Koka) Pinrang resmi dikukuhkan di Taman Firdaus, Jl Lasinrang, Kecamatan Paleteang, Kabupaten Pinrang.

Mereka dilantik di sela-sela kemeriahan acara International Coffee Day 2019.

Ketua Koka Pinrang Andi Cahyadin mengatakan, lahirnya komunitas itu akan menjadi penanda adanya perkembangan kopi dan kakao di Pinrang.

” Sumber daya alam kopi dan kakao sedapat mungkin dikembangkan lewat komunitas ini,” katanya dalam rilis yang diterima TribunPinrang.com, Jumat (4/10/2019).

Cahyadin berharap, hadirnya komunitas itu tak hanya menjadi formalitas belaka. Tapi harus senantiasa eksis dalam menjalankan program.

“Tentunya, program yang akan bermuara pada hal-hal yang menguntungkan masyarakat petani. Khususnya kopi dan kakao,” harapnya.

Sementara itu, salah seorang inisiator kegiata Hari Kopi Internasional, Isra mengapresiasi pelantikan Koka tersebut.

“Lewat momentum ini, kopi dan kakao harus digaungkan sebagai komoditas yang terbilang layak diunggulkan di Pinrang,” jelasnya.

Apalagi, lanjut Isra, hanya ada dua penggiat kopi di Indonesia yang terdaftar sebagai penyelenggara event tahunan ini.

“Hanya dua yang terdaftar, yakni penggiat kopi asal Jambi dan Kabupaten Pinrang,” paparnya.

Sebenarnya, ucap Isra, komoditi kopi di Pinrang hasilnya tidak kalah baiknya dengan komoditi kopi dari negara lain seperti Vietnam dan Brazil.

“Kalau soal kualitas, saya bisa bilang bahwa kopi Pinrang tidak kalah. Hanya saja, belum setenar kopi dari negara lain,” jelasnya.

Isra berharap, kegiatan seperti ini bisa memberi kesadaran bagi masyarakat Pinrang bahwa Bumi Lasinrang kaya akan sumber daya.

“Termasuk sumber daya alam kopi dan kakaonya,” tutupnya.

Kegiatan ini menghadirkan barista kelas international dan beberapa pegiat kopi.

Beberapa agenda lain diisi dalam kegiatan yang mendapat dukungan langsung dari Pemerintah Kabupaten Pinrang ini.

Di antaranya, Brewing Competition (Kompetisi Racik) , Basic Latte Art Class (Kelas Seni Latte Dasar), Pengolahan Kopi, Seminar Marketing Kopi melalui Internet, dan lainnya.

Penulis: Hery Syahrullah
Editor: Syamsul Bahri

Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *