OBB Dari Kumpulan Arisan Ibu-Ibu, Bermetamorfosis menjadi Komunitas Filantropi

Organisasi Bontang Berbagi (OBB) gelar lapak pakaian bekas di acara pekan wisata dalam rangka HUT kota Bontang yang ke 20.

Organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan ini resmi di bentuk pada tahun 2014 lalu. Pada awal pembentukan, organisasi ini merupakan anggota ibu-ibu arisan yang hanya berjumlah belasan yang tergerak untuk melakukan aksi kemanusiaan.

Seiring berjalannya waktu, anggota OBB semakin bertambah, hingga di tahun ini sudah memiliki 150an anggota. Kegiatan mereka pun bergerak di bidang kemanusian diantaranya membantu pasien dari keluarga kurang mampu, bantuan sembako dan biaya sekolah.

Selain di Bontang, OBB juga sering melakukan kegiatan mereka di daerah lain. Misalnya, mereka mengirimkan bantuan beserta tenaga relawan untuk korban gempa dan tsunami Palu, September 2018 lalu.

“Kami juga aktif memberikan bantuan ke daerah yang terkena musibah dan yang paling penting kami secara rutin meengirimkan bantuan ke saudara kita di Palestina yang mengalami kekerasan dari pihak militer Israel,” ujar Ketua OBB, Fatimah, saat ditemui di perkampungan atas laut Kelurahan Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara, Minggu (20/10/2019) malam.

Fatimah menjelaskan dana yang digunakan untuk memberikan bantuan berasal dari berbagai sumber. Diantaranya dari iuran bulanan anggota, donatur dari pihak pejabat ataupun pengusaha dan hasil usaha mereka sendiri.

Membuka lapak di pekan wisata ini pun merupakan salah satu usaha mereka mngumpulkan dana. Mereka sejak tiga hari yang membuka lapak ini sudah menghasilkan Rp 2 juta dari penjualan mereka.

“Semua keuntungan dari sini sepenuhnya akan kami sumbangkan ke saudara kita yang membutuhkan, kami tidak mengejar untung pribadi melainkan untuk membantu sesama,” ujarnya.

klikbontang.com

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *