Tips Memelihara Kucing Kampung di Perkotaan

Gaya hidup perkotaan dengan binatang peliharaan khususnya kucing dapat mendongkrak gaya hidup di perkotaan. Di kota-kota besar bahkan ada toko penjual makanan hingga hotel khusus untuk hewan peliharaan. Tidak semua pecinta kucing hanya menyukai kucing ras saja, namun juga banyak pecinta kucing kampung.
Nah terkadang pecinta kucing kampung di daerah perkotaan mendapatkan perlakuan tak nyaman dari lingkungan sekitarnya. Sebab kucing kampung yang jarang bisa dikekang dalam rumah seperti halnya kucing ras. Untuk menghindari konflik dengan orang-orang sekitar dan menjaga agar kucing peliharaan tidak mengalami penyiksaan juga, tidak ada salahnya kucing kampung diperlakukan layaknya kucing ras. Berikut ini adalah tips memelihara kucing kampung di daerah perkotaan.

1. Sediakan tempat kucing membuang kotoran.

Sediakan tempat kucing peliharaan untuk membuang kotorannya, salah satu caranya adalah dengan membeli pasir kristal dan ditempatkan di wadah khusus lalu taruh di sudut rumah. Ajari kucing untuk membuang kotorannya di wadah tersebut. Dan rajin-rajinlah membuang kotoran kucing setiap hari terutama di pagi hari. Dengan tersedianya wadah khusus tadi, kucing tidak akan membuang kotorannya sembarangan sehingga tetangga sekitar tidak akan merasa risih.

2. Beri pakan khusus kucing dan air matang.

Dengan memberi pakan khusus untuk kucing peliharaan dapat menghemat pengeluaran serta dapat membuat tempat tinggal kita rapi, bersih dan bebas dari bau yang disebabkan oleh pembusukan sisa-sisa makanan kucing. Kucingpun akan tercukupi gizi dan nutrisinya. Selain itu juga perlu menyediakan tempat minum juga agar tidak dehidrasi dan menyebabkan kematian. Disarankan air minum kucing adalah air matang agar kucing tidak terserang penyakit.

3. Vaksinasi dan sterilisasi.

Vaksinasi untuk mencegah kucing kesayangan agar tidak terjangkit virus atau menularkan virus ke keucing lain. Sterilisasi pada kucing betina juga perlu dilakukan agar mampu menekan ledakan poopulasi kucing di perkotaan yang dapat berimbas pada kesehatan lingkungan akibat banyaknya kucing jalanan yang tidak terpelihara. Vaksinasi dan sterilisasi dapat dikonsultasikan lebih lanjut pada dokter hewan atau dinas peternakan kota setempat.

4. Vitamin dan obat-obatan jika sakit.

Vitamin juga perlu agar kucing peliharaan kita semakin prima. Selain itu jika sakit, banyak Pet Shop yang menyediakan berbagai macam obat-obatan khusus kucing. Jika tidak dapat diatasi dengan obat-obatan, maka dapat mengunjungi klinik dokter hewan terdekat.

5. Obat kutu dan obat cacing.

Jika kucing memiliki kutu atau cacingan, banyak obat yang djual di Pet shop. Biasanya petugas Pet Shop akan memberikan pengarahan cara penggunaan obat yang benar.

6. Manfaat tempat penitipan hewan.

Jika akan bepergian cukup lama, kucing peliharaan bisa dititipkan di tempat penitipan hewan, namanya Pets Hotel. Tarifnya beragam sesuai ketentuan. Dengan menitipkannya di tempat ini, tidak perlu khawatir apalagi sampai membuat kucing kesayangan terlantar.

Artikel ini disadur dari Perbincangan Perempuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *