Galakkan Cinta Literasi Kalangan Siswa, Komunitas Pamekasan Membaca Gelar Kompak Goes to Sekolah

Komunitas Pamekasan Membaca atau KOMPAK terus membumikan cinta literasi di Kebupaten Pamekasan.  Satu di antara upaya mereka, yakni menggelar Kompak Goes to Sekolah di MAN 2 Pamekasan. Sekretaris KOMPAK, Imron Maulana mengatakan, gerakan Kompak Goes to Sekolah ini merupakan kegiatan untuk mendorong gerakan cinta literasi pada kalangan pelajar.

“Gerakan Kompak Goes to Sekolah ini kami berupaya untuk mengajak, memotivasi, dan mendampingi adik-adik khususnya siswa MAN 2 Pamekasan supaya lebih tertarik untuk suka membaca,” kata Imron Maulana kepada TribunMadura.com, Rabu (4/12/2019).

Imron mengungkapkan, gerakan seperti ini memang sudah seharusnya dilakukan dan tidak melulu menunggu bola untuk bergerak membumikan cinta literasi.

“Menjemput bola. Iya, begitu harusnya kita. Sebagai penggerak, kami merasa lebih baik begitu,” ucapnya.

“Dan Pemerintah yang dalam hal ini memiliki cakupan wewenang yang lebih luas, juga perlu turun gunung,” jelas dia.

“Menyisir sekolah-sekolah, perpusdes-perpusdes, para komunitas-komunitas, dan para pegiat literasi untuk kemudian difasilitasi, bersinergi,” lanjut dia.

“Dengan demikian, diharapkan dapat menjadikan kabupaten ini benar-benar menjadi Kabupaten Pendidikan,” sambung dia.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan MAN 2 Pamekasan, Imam Suprapto mengatakan, pihaknya memang sengaja mengundang kompak guna menyuguhkan suasana baru dalam menggencarkan gerakan literasi madrasah.

“Hadirnya adik-adik kompak ini selain menambah koleksi buku bacaan yang dibawanya, juga diharapkan dapat menstimulus santri kami agar cinta baca,” katanya.

Tidak hanya itu, ternyata mereka, lanjut Imam Suprapto, juga memberikan ruang bagi santri-santri untuk berdiskusi ringan mengenai kepenulisan.

“Saya lihat, mereka asik berdiskusi tentang bagaimana menjadi seorang novelis, cerpenis, penulis cerpen, dan lainnya. Alhamdulillah ini adalah hal yang luar biasa,” ujar dia.

“Kami ucapkan terima kasih kepada adik-adik kompak yang telah dengan sukarela hadir kesini untuk bersama-sama menggerakkan cinta literasi kepada para santri-santri kami disini,” jelasnya.

Sekadar diketahui, kali ini Kompak menggelar lapak bersama perwakilan pengurus majalah Mafintaq di Aula atas MAN 2 Pamekasan.

https://madura.tribunnews.com

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *