TIPS MEMOTONG KUKU ANAK AGAR AMAN DAN BEBAS DRAMA

Memotong kuku mungkin merupakan hal yang biasa dan sederhana bagi orang dewasa. Namun bagi anak kecil, kegiatan tersebut bisa saja menjadi sesuatu yang menakutkan.
Namun Qupas.id memberikan beberapa tips memotong kuku anak dengan aman dan bebas drama, seperti berikut ini.

1. Jangan memaksa.

Hal pertama yang perlu diingat yaitu jangan memaksa. Paksaan hanya akan membuat si kecil semakin takut dan enggan untuk melakukan kegiatan gunting kuku. Apabila si kecil menolak, sebaiknya bisa menawarinya di lain waktu. Sebelum itu, bisa memberikan pengenalan pada anak dengan cara yang menyenangkan tentang sesi memotong kuku.

2. Lakukan saat suasana hatinya senang.

Tips yang kedua yaitu lakukan saat suasana anak sedang senang. Pasalnya, mood yang baik cenderung membuat buah hati lebih menurut dan mudah untuk diajak bekerja sama. Sehingga perlu memerhatikan terlebih dahulu bagaimana suasana hati si kecil sebelum mengajaknya memotong kuku.

3. Alihkan perhatian.

Apabila cara pertama dan kedua sudah tidak berhasil, bisa mencoba mengalihkan perhatian si kecil dengan memutarkan film kesukaan untuk membuatnya lebih fokus dan tenang. Saat anak sedang asyik menonton, genggamlah tangannya kemudian potong kukunya secara perlahan.

4. Lakukan bersama.

Tunjukkan bahwa memotong kuku bukanlah kegiatan yang menakutkan dan justru menyenangkan. Berikan contoh kepada si kecil, cobalah untuk menggunting kuku dengan menunjukkan keceriaan. Saat buah hati mulai tertarik dan mendekat, bisa menawarkan untuk melakukan kegiatan tersebut bersama.

5. Berikan apresiasi atau pujian atas kemampuannya.

Kalau si kecil sudah mau bekerja sama dan tidak rewel, setelahnya adalah memberikan apresiasi. Memujinya dengan bertepuk tangan, mencium, atau memeluknya akan membuat buah hati bahagia.  Hal ini penting dilakukan agar si kecil merasa di sayang dan tidak banyak drama lagi saat sesi potong kuku selanjutnya.

Artikel ini disadur dari Qupas.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *