Berniat Touring Komunitas, Jangan Lupa 6 Hal Ini

1. Kesiapan Kendaraan

Kesiapan kendaraan menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Jangan lupa servis berkala komponen-komponen kendaraan supaya dalam kondisi prima.ย Surat-surat lengkap, lampu utama dan hazard pastikan tidak rusak. Rangkaian touring (dalam jumlah lebih dari 10) bisa menyalakan lampu hazard.

2. Ikuti Aturan Lalu Lintas

Biasanya rangkaian touring dalam jumlah besar kerap menggunakan patwal polisi untuk mendapatkan prioritas. Hal ini dilakukan agar peserta touring lebih teratur dan tidak arogan.

3. Komunikasi
Penggunaan radio komunikasi diperlukan sesama anggota touring dan satuan patwal. Gunanya jika ada anggota rangkaian yang terpisah atau bermasalah, atau mau berhenti di suatu tempat jadi lebih mudah.

4. Kesiapan Satuan Pengawalan

Tak lupa, kesiapan satuan pengawalan juga harus diperhatikan. Satuan pengawal tetap mengikuti standar prosedur tetap yang berlaku karena menyangkut keselamatan berlalu lintas.

5. Istirahat

Sebagaimana berkendara jarak jauh, touring juga memerlukan istirahat di tengah perjalanan. Dengan jumlah kendaraan lebih dari 10 unit, biasanya setiap 2-3 jam perjalanan diperlukan istirahat.

6. Jangan Lupa Berdoa

Terakhir, tetap mengutamakan berdoa sebelum, selama, dan setelah perjalanan. Tetap berhati-hati dalam perjalanan touring, apalagi sampai lintas pulau dan rangkaian lebih dari 10 kendaraan rawan risiko kecelakaan.

https://kumparan.com/kumparanoto/berniat-touring-komunitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *