Jelang Imlek, Komunitas Lintas Agama di Pati Bersihkan Kelenteng

Warga lintas agama di Kabupaten Pati bersih-bersih Kelenteng Hok Tik Bio. Kegiatan ini dalam menyambut pergantian tahun baru China atau Imlek 2571.

Masyarakat Kelenteng Hok Tik Bio Pati akan menggelar kirab budaya dan para dewa. Panitia penyelenggara kini mulai bersiap untuk memulai dengan sejumlah kegiatan, di antaranya membersihkan bagian dalam kelenteng dan di sekitar lingkungan kelenteng.

Ketua Kelenteng Hok Tik Bio Pati, Eddy Siswanto, mengatakan dalam bersih-bersih ini dilakukan setiap tahunnya.

“Bersih-bersih kali ini diikuti komunitas, dari gereja-gereja, dari TNI dan Polri, juga rekan-rekan dari muslim. Saya banyak-banyak terima kasih,” katanya kepada wartawan di lokasi, Minggu (12/1/2020).

Komunitas Gusdurian turut dalam kegiatan bersih-bersih ini. Penasihat Gusdurian Pati, Kiai Heppy, mengatakan jika tahun ini merupakan Shio Tikus Logam. Secara filosofi, tikus merupakan binatang yang cerdik, ulet, dan suka bekerja sama. Untuk logam melambangkan kekuatan

“Artian, seperti halnya negara kita, khususnya Kabupaten Pati ada kemajuan signifikan, insyaallah masyarakat akan merasakan kesejahteraan,” jelas Heppy.

“Secara khusus saya yakin ada keberuntungan dengan tahun tikus ini. Yaitu insyaallah untuk menata masyarakat sejahtera yang tertib tidak banyak kendala,” ujarnya.

Penulis/reporter: Arif Syaefudin
Artikel ini telah tayang di detiknews

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *