Kopdar Bareng Komunitas Youtuber Borneo: Jadi Wadah Belajar dan Bermain

Berangkat dari siring Patung Bekantan, kemarin (19/1) pagi, sebanyak 40 anggota komunitas Youtuber Banjarmasin Borneo bikin kopi darat di Pulau Bakut.

Menaiki dua kelotok, para konten kreator memulai susur sungai dari Siring Pierre Tendean. Tujuannya adalah Pulau Bakut di perairan Barito, Barito Kuala.

Didirikan sejak 20 Maret 2019, komunitas yang belum genap satu tahun ini sudah kopdar sebanyak 12 kali. “Minimal sebulan sekali, sudah rutin,” kata Ketua Komunitas Youtuber Banjarmasin Borneo, Jerry Bangsawan.

Disebutkannya, hingga sekarang sudah 80 anggota yang tergabung dalam komunitas tersebut. “Anggotanya bermacam profesi. Antara lain MC, penyanyi, artis, karyawan, mahasiswa, pelajar, perawat, dokter, asisten sutradara, dan banyak lainnya,” terangnya.

Biasanya kopdar bersifat rekreasi. Seperti pemutaran film, sekadar kumpul di kafe untuk berbagi ilmu dan pengalaman, dan bahkan bakti sosial.

“Ada beberapa anggota yang masih belajar, seperti cara mengambil video. Jika sudah berhasil, maka akan menjadi sebuah kebanggaan buat kami,” imbuhnya.

Awal mula terbentuk komunitas ini, bermula dari salah satu universitas di Banjarmasin yang mengundang Youtuber kondang. Yakni akun YouTube Ricis Official yang punya subscribe 18,6 juta.

“Saya kira yang datang sedikit, ternyata membludak. Lalu, 12 pendiri awal menggagas komunitas ini untuk wadah sharing bareng,” ungkapnya.

Konten yang diusung kebanyakan mengangkat tema lokal. Apakah itu perjalanan wisata, kuliner, hingga musik. “Tapi adapula yang bikin beragam tutorial. Contoh mengambil segmen kecantikan,” tukasnya.

Salah satu Youtuber dengan subscribe terbanyak adalah Tommy Kaganangan dengan 393 ribu subscribe. “Tommy Kaganangan sebagai bakat atau artis dari Kalsel yamg memang karyanya sudah menasional,” tuturnya.

Tommy pernah meng-cover lagu India. Berduet bareng Rita jebolan Dangdut Academy 2. Video itu meledak dengan penonton 1,5 juta pasang mata. “Sayang Tommy sedang di Jakarta, jadi tak bisa ikut kopdar,” tutupnya.

Penulis: NOORHIDAYAT
Artikel ini telah tayang di PROKAL.co

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *