Berbagai Keberkahan Nasi Jumat Ala Komunitas Sosial Kemanusiaan Tabungan Langit

Komunitas Sosial Kemanusiaan Tabungan Lagit mengadakan kegiatan berbagi keberkahan dalam bentuk pemberian makanan, Jumat (31/1) lalu. Kegiatan ini rutin digelar setiap hari Jumat. Pemberian makanan berupa nasi bungkus itu dibagi-bagikan kepada Jamaah Masjid Al Lathiif yang terdapat di Jl. Saninten No.2, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

Pendiri Komunitas Komunitas Sosial Kemanusiaan Tabungan Lagit, yang sering disapa Mang Iday mengatakan, Tabungan Langit merupakan tempat atau wadah berbagi keberkahan yang menyalurkan sedekah dengan fokus pada makanan dari donatur. Makanan itu dibagikan untuk jamaah masjid maupun warga sekitar yang membutuhkan.

Mang Iday menyampaikan, alasan Komunitas Komunitas Sosial Kemanusiaan Tabungan Lagit melakukan kegiatan Berbagi Keberkahan di hari Jumat karena waktu sedekah yang  paling utama yakni di hari Jumat. Dia pun mengatakan, makanan yang disediakan untuk dibagi itu tidak hanya untuk jamaah masjid. Melaikan juga untuk pemulung atau pedagang yang ada di sekitar masjid.

Komunitas yang baru beranggotakan sekitar 35 orang tersebut setiap hari Jumat menyediakan makanan nasi bungkus sebanyak 100 atau 150 porsi. Mang Iday mengatakan, makanan sebanyak itu dapat terkumpul dari hasil sedekah para donatur. “Donatur kita di antaranya dari kerabat terdekat, seperti saudara, kakak, dan adik. Serta teman-teman,” tuturnya kepada Wartakini.co.

Komunitas yang terbentuk baru sekitar awal Januari 2020 tersebut, mempunyai prinsip ketika mereka menularkan sebuah kebaikan, diharapkan banyak pihak juga yang memberikan kebaikan kepada sesama. Komunitas Komunitas Sosial Kemanusiaan Tabungan Lagit saat ini fokus dengan program Nasi Jumat. “Kedepannya kita akan kembangkan semangat ini menjadi sebuah Gerakan sosial pengelolaan dana umat,” ucap Mang Iday yang mempunyai usaha Seblax di Jalan Cendana No.11 ini.

Mang Iday juga mengaku, untuk saat ini keberadaan Komunitas Komunitas Sosial Kemanusiaan Tabungan Lagit Sedekah hanya ada di Kota Bandung. Namun menurutnya, tidak menutup kemungkinan Gerakan ini bisa merambah ke luar kota selama Gerakan positif ini cukup aktif. “Selain rutinitas kami setiap hari Jumat berbagi keberkahan dalam bentuk makanan, kami juga membuka gerai berbagi kemanusiaan, serta memberi minuman serta cemilan dan permen gratis di kedai Jalan Cendana No.11,” ungkapnya.

Mang Iday juga mengajak masyarakat lainnya yang mempunyai kecukupan harta untuk bisa bersedekah. “Berbagi keberkahan di mana saja karena kita manusia saling bergantung antara satu dan lainnya,” Tegasnya. Untuk sementara ini, kegiatan Komunitas Komunitas Sosial Kemanusiaan Tabungan Lagit bisa di lihat di akun Instagram @tabunganlangit_foundation.

Artikel ini disadur dari Warta Kini

Penulis : Riandy Hidayat

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.
Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *