Peduli Lingkungan, Komunitas Potret Bersihkan Sampah di Bukit Cinta Penfui

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Komunitas Potret menggelar aksi bersih sampah di Bukit Cinta Desa Penfui Timur, Kabupaten Kupang, Sabtu (1/2/2020).

Tidak hanya di area Bukit Cinta, mereka juga membersihkan sampah di area penghijauan Penfui sejak pukul 15.00 Wita.

Komunitas Potret sendiri merupakan komunitas yang beranggotakan mahasiswa asal Manggarai, yang tengah menempuh pendidikan tinggi di Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undana Kupang.

Ddalam kegiatan ini, tumpukan sampah rumah tangga dan sampah lainnya yang terkumpul dimasukkan dalam kantong plastik berukuran besar dan karung.

Selanjutnya, sampah tersebut diangkut menggunakan pikap ke Tempat Penampungan Sementara (TPS) di depan Pasar Penfui, Kota Kupang.

Koordinator kegiatan, Agustinus Karius Yosi mengatakan, aksi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan di mana menyoroti permasalahan sampah di Kota Kupang.

“Kami telah bersih tuntas, karena yang kami lihat selama ini ada beberapa kaum yang peduli sampah di tempat ini, hanya melaksanakan pungut sampah dan dikumpulkan di tempat ini, tetapi tidak diangkut ke TPS. Hal ini dilakukan agar memudahkan petugas kebersihan Kota Kupang dalam proses pengangkutan,” katanya dalam siaran pers yang diterima POS-KUPANG.COM, Minggu (2/2/2020).

Menurutnya, kegiatan tersebut sebagai bentuk eksistensi komunitas agar memberikan kesadaran demi kesehatan bagi masyarakat itu sendiri.

“Ini adalah bentuk tindakan nyata kami sebagai calon tenaga kesehatan masyarakat untuk membangun perhatian serta kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan karena ‘Dibalik badan yang sehat, ada lingkungan yang bersih’,” jelasnya.

Sementara itu, seorang peserta kegiatan sekaligus anggota komunitas, Elisa Vanti mengharapkan, melalui kegiatan tersebut dapat memberikan kesadaran bagi masyarakat agar tidak membuang sampah di sembarang tempat.

“Saya juga berharap kedepannya partisipasi dari pemerintah setempat agar memberikan sangsi yang tegas bagi mereka yang membuang sampah secara sembarangan di daerah tersebut,” katanya.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana)

Artikel ini telah tayang di Tribun Kupang
Penulis: Gecio Viana
Editor: Rosalina Woso

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *