Mengenal Dokuritsu, Komunitas Cosplay Asli Kota Serang

Komunitas yang hobi terhadap kostum-kostum pemeran utama dari sebuah film (cosplay) ternyata ada di Kota Serang, Banten. Komunitas tersebut terbentuk sudah sejak lama, lebih tepatnya pada tahun 2009.

Mereka (cosplayer) menyebutnya komunitas cosplay Dokuritsu. Dijelaskan bahwa nama Dokuritsu diambil dari bahasa Jepang yang memiliki arti kemerdekaan dan kebebasan.

“Kami meberi nama komunitas cosplay ini dengan nama Dokuritsu, yang artinya bebas untuk berekspresi. Jadi di sini para anggotanya bebas untuk mengekspresikan dan meng-eksplore diri menjadi cosplay siapa saja,” ujar ketua Komunitas Dokuritsu, Hendri kepada biem.co saat ditemui di kegiatan car free day Kota Serang, beberapa waktu lalu.

Dalam kegiatan komunitas Dokuritsu Hendri mengatakan, hampir sama seperti komunitas-komunitas cosplay lainnya yang ada di kota-kota di Indonesia bahkan dunia yaitu menyalurkan hobi dengan mengenakan kostum tokoh film dan berbagi informasi mengenai perkembangan cosplay.

“Hampir sama yah seperti komunitas cosplay yang lainya, setiap pekan ketiga sore hari kami lakukan cosplay di Alun-alun Kota Serang. Kami juga berbagi informasi bagaimana membuat kostum, membicarakan  game dan belajar bahasa Jepang, ” paparnya.

Tidak hanya berkumpul dan ber-cosplay, komununitas yang notabene diikuti oleh milenial ini juga sering terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial di masyarakat.

“Sering kami melakukan kegiatan sosial di masyarakat, mulai dari penggalangan dana dan bekerja sama dengan salah satu lembaga zakat. Dari sana jadi keberadaan kami diterima masyarakat,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Hendri berharap dengan adanya komunitas ini bisa mewadahi anak muda di Kota Serang yang hobi cosplay.

“Kebanyakan yang suka dengan anime, game dan film-film super hero itu seringnya mengurung diri di kamar jauh dari kehidupan sosial. Maka dengan adanya komunitas Dokuritsu ini semoga bisa jadi media mereka berbagi informasi sesuai dengan hobinya,” tandasnya.

Penulis/reporter: Irwan Yusdiansyah
Artikel ini telah tayan di biem.co

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *