Antisipasi Virus Corona, Komunitas Mobil Bagi-Bagi Masker

Isu virus corona akhir-akhir ini santer terdengar, meski belum ditemukan kasus virus ini ada di Indonesia, langkah antisipasi telah dilakukan berbagai pihak seperti rumah sakit, bandara, termasuk komunitas otomotif di Kota Semarang, Tugu Muda Fortuner Community (Tufoc) Semarang.

Sekitar sepuluh perwakilan anggota Tucof dan perwakilan dari Nasmoco Gombel, membagikan tiga ribu masker gratis di daerah Tugu Muda, Sabtu (8/2) petang.

Sasarannya adalah pengendara kendaraan roda dua yang tidak mengungunakan penutup hidung dan mulut saat berkendara.

“Wabah korana memang belum ada, bahkan kami harap ngga ada dan ngga masuk Indonesia. Namun kami coba menggugah kepedulian masyarakat dengan melakukan antisipasi dengan menjaga kesehatan, kata wakil ketua Tufoc, Permana.

Masker lanjut dia, bisa digunakan pengendara kendaraan roda dua agar terhindar dari polusi udara. Dengan menggunakan penutup mulut dan hidung ini, kotornya udara tidak langsung masuk kedalam paru-paru.

“Polusi juga cukup berbahaya bagi kesehatan, tadi pengendara yang tidak pakai penutup, langsung kita berikan masker gratis,” tuturnya.

Acara bagi-bagi masker ini menjadi bagian dari rangkaian peringatan hari jadi Tufoc yang ke 3. Permana mengungkapkan, keberadaan masker dipasaran saat ini cukup langka, jika pun ada harganya cenderung mahal.

Dengan aksi tersebut, harapannya bisa memudahkan masyarakat untuk mendapatkan masker.

“Masker saat ini mulai jadi barang yang mahal, kami ingin membantu masyarakat dengan cara sederhana, yakni mendistribuskan masker kepada masyarakat secara gratis,” tambahnya.

Agustinus, pengguna jalan asal Kendal, mengaku terbantu dengan masker yang diberikan oleh komunitas Tufoc Semarang. Apalagi kondisi udara Semarang dibeberapa titik cukup panas dan berdebu.

“Dari Semarang kota ke arah Kendal misalnya, di situ banyak truk yang asapnya mengepul hitam, belum lagi debu jalanan yang kerap menganggu. Masker gratis ini sangat membantu kami pengendara kendaraan roda dua,” katanya. [jie]

LAPORAN: ARIS WIBOWO

Artikel ini disadur dari RMOLJateng

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *