Komunitas FBC18-GR, Aktivis Muda Pendaki Gunung

Komunitas FBC18-GR beralamat di Bojong Cilebak RT01/18 Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung.

Arti FBC18-GR adalah Family Bocil Kreatif18-Generation Revolution atau sering disebut Bocil.

Fajar Dean Prasetya atau kerap disapa Bang Jay adalah pendiri komunitas ini.

Nama Bocil, kata Bang Jay, sering diartikan Bojong Cilebak, nama alamat sekretariat. Padahal, bukan. Arti sebenarnya adalah singkatan dari bocah kecil.

“Komunitas ini berprinsif pendirian yang kokoh dan sebagai wahana jalinan silaturahmi antar anak muda,” ujarnya, Jumat (7/2/2020).

Komunitas ini berdiri 4 September 2010. Sempat padam di tahun 2017 karena beberapa anggota memiliki kesibukan masing-masing. Terlebih kebanyakan anggota adalah anak sekolah.

Bangjay selaku pendiri Komunitas FBC18-GR mencoba membangkitkan la

gi dengan merintis sebuah perusahaan yang bergerak di semua bidang. Sekarang komunitas ini menjual jasa guide porter untuk ke gunung dan tempat wisata.

Selain menyediakan open trip komunitas ini juga pernah mengadakan lima acara seperti bazar, festival musik, festival kostum, kesenian wayang, jaipong dalam satu hari, yaitu berlangsung di tahun 2016 akhir.

Kegiatan lain pernah mengadakan turnamen futsal tingkat U17 atau di bawah umur 17 dan diikuti oleh umum. Juga sering melakukan kerja bakti.

Naik gunung, tentu saja sudah dilakukan yaitu sempat naik ke Gunung Prau, Gunung Artapela, Gunung Rakutak, Gunung Singa, Gunung Kromong, Gunung Geulis, Gunung Gede, dan Gunung Pangrongo.

Komunitas FBC18-GR, kata Bangjay, memiliki slogan yang cukup unik, yaitu Bebas, Bahagia, dan bermanfaat. “Arti Bebas di situ adalah bebas dari hal yang membuat kita terbelenggu, karena jika kita bebas otomatis kekreativitasan, inovasi, dan gagasan lebih cepat muncul. Namun, bebas di sini masih terkait dengan hukum dan norma agama,” ujarnya.

Kemudian arti dari kata Bahagia, lanjut Bangjay, adalah menjadi landasan dasar, karena ketika menginginkan orang terdekat bahagia bahagiakanlah diri sendiri. Sedangkan arti dari kata bermanfaat yaitu manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat bagi orang di sekitarnya.

“Tahun ini komunitas FBC18-GR akan mengadakan Anniversary special 1 dekade. “Untuk para anak muda jangan fokus terbelenggu dalam masalah yang kita hadapi, mencoba untuk berubah karena perubahan itu bukan di tunggu tetapi diciptakan,” ujar Bangjay.

Wartawan (Job): Adinda Rohimah – Dela Fatimah Azzahra | Editor: denkur

Artikel ini disadur dari Dara

 

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *