Komunitas Mancing Amatir Semarang, Ada Anggotanya dari Surabaya dan Kalimantan

Komunitas Mancing Amatir Semarang (MAS) merupakan satu dari sejumlah komunitas mancing yang ada di Kota Semarang. Berawal dari sekumpulan warga Semarang yang memiliki hobi memancing, terbentuklah komunitas yang melakukan kegiatan bersama. Sesuai dengan namanya, komunitas yang punya tagline “Seduluran Saklawase” ini berfokus pada kegiatan memancing. Termasuk yang terbesar di kalangan para penghobi mancing di Kota Lumpia.¬†Ketua MAS, Tri Dedy Pramono (45), menyebutkan komunitas ini sudah cukup lama eksis.

“Jadi sekira tahun 2011-2012 sudah terbentuk,” ungkap Dedy saat memancing di Sayung, Demak, Sabtu (25/01/2020) pagi.

Lokasi memancing dalam kegiatan komunitas ini beragam, mulai dari tambak hingga tengah laut. Dedy mengatakan, pemilihan lokasi memancing tergantung ikan yang hendak ditangkap.Pemilihan alat pancing dan umpan yang dipakai juga menyesuaikan target ikan yang dikehendaki. Mengenai pemilihan ikan yang menjadi target merupakan keputusan bersama yang telah disepakati para anggota Mancing Amatir Semarang.Kegiatan mancing yang diadakan komunitas ini biasa dilakukan pada akhir pekan.

Dalam sekali kegiatan, bisa mencapai puluhan mancing mania yang berpartisipasi. Meski memakai embel-embel Semarang, penghobi yang tergabung dalam komunitas ini tak hanya berasal dari Kota Lumpia.

“Ada anggota yang berasal dari Surabaya, bahkan Kalimantan juga,” imbuhnya.

Menjadi bagian dari komunitas ini cukup mudah. Dedy menyebutkan syarat menjadi anggota Mancing Amatir Semarang cukup bergabung di Grup Facebook Mancing Amatir Semarang. Tercatat hingga pertengahan Februari 2020 ini ada 62.000-an anggota Grup Facebook tersebut. Secara umum juga menjadi grup komunitas warga Semarang yang relatif besar anggotanya di medsos Facebook.

“Tapi lebih mantap lagi kalau punya properti Mancing Amatir Semarang seperti jersey dan kartu tanda anggota.

Selain itu, juga rutin mengikuti kegiatan komunitas bulanan,” terang Dedy. Tujuannya agar anggota baru dapat berkenalan dan mengenal lebih akrab komunitas yang identik dengan jersey berwarna biru tersebut. Dedy menerangkan dengan rutin mengikuti kegiatan, anggota baru juga dapat melakukan sharing bersama anggota lain seputar tips dan hal-hal yang berkait kegiatan memancing. Perlu diketahui, kegiatan yang dilakukan oleh komunitas ini tidak terbatas pada menyalurkan hobi memancing.

“Kami tidak melulu memancing saja, ada juga kegiatan sosial,” ungkap Dedy.

Mancing Amatir Semarang sudah beberapa kali melakukan bakti sosial di berbagai wilayah seperti Demak dan Grobogan.

jateng.tribunnews.com

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *