Salurkan Hobi Menembak, Anggota Komunitas Penembak di Jombang Buru Hama Tikus

Puluhan penembak yang terkumpul dalam Komunitas Bediler di Jombang, Jawa Timur (Jatim) menyalurkan hobi berburu tikus secara massal, Minggu (16/2/2020) malam. Aksi ini untuk membantu petani memerangi hama tikus yang menyerang tanaman padi.

Kegiatan ini diikuti warga di Desa Bareng, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Mereka berburu dengan senjata senapan angin biasa.

Setelah waktu yang ditentukan tiba, mereka bergerak bersama-sama dan menyisir sawah petani. Begitu melihat ada tikus yang muncul, mereka langsung menembaknya.

Koordinator Bediler Jombang, Lik Damis menjelaskan, selama ini Komunitas Bediler merupakan komunitas warga pecinta senapan angin. Dulu, anggota komunitas ini biasa menggunakan senjata untuk memburu binatang atau burung-burung di hutan.

“Namun karena perburuan di hutan dilarang, para anggota komunitas menyalurkan hobi dalam kegiatan-kegiatan yang bermanfaat,” katanya.

Salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menyalurkan hobi ini yakni dengan membantu menembak tikus yang setiap malam menyerang tanaman padi petani. Kegiatan berburu hama tikus ini rutin dilakukan seminggu sekali dengan tempat yang berpindah-pindah sesuai dengan permintaan petani.

“Dalam semalam, biasanya sekitar 300an tikus berhasil ditembak mati,” katanya.

Dengan kegiatan seperti ini, Komunitas Bediler Jombang tak hanya dapat menyalurkan hobi menembak, tetapi juga dapat membantu petani membasmi tikus yang merusak tanaman padi.

Oleh Mukhtar Bagus

Artikel ini disadur dari INews Jatim

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *