Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan dan Banjir Melanda

Memasuki musim penghujan dapat menyebabkan air meluap dengan tinggi yang bermacam-macam di berbagai wilayah.

Berbicara tentang banjir dan musim hujan, berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan dalam kondisi tersebut.

1. Perhatikan perlindungan diri.

Salah satu cara untuk menjaga kesehataan saat banjir melanda adalah dengan memperhatikan perlindungan diri. Apabila memang harus melewati genangan air, jangan lupa menggunakan sepatu bot atau paling tidak alas kaki dan sarung tangan untuk menghindari risiko infeksi.

Selain itu juga perlu memperhatikan area yang dilewati. Hindari menyentuh kabel dan benda-benda yang berpotensi memiliki aliran listrik.

2. Tetap Jaga Kebersihan Tubuh.

Banjir berpotensi menyebabkan penyebaran kuman dan bekateri penyebab penyakit menjadi lebih cepat. Maka dari itu sebaiknya tetap menjaga kebersihan tubuh.

Setelah melewati genangan air, pastikan untuk mencuci tangan dan kaki pakai sabun. Lakukan hal yang sama sebelum dan setelah makan. Jangan lupa untuk rutin ganti baju karena pakaian yang sudah terkena banjir menyimpan banyak kuman dan bakteri.

3. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi.

Selain itu, memperhatikan makanan yang dikonsumsi juga penting untuk dilakukan. Apabila makanan sudah terkontaminasi dengan banjir, sebaiknya jangan dimakan.

Meskipun kondisinya cukup sulit, namun harus memperhatikan kandungan gizi makanan yang dikonsumsi agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga sehingga nggak mudah terserang penyakit.

4. Waspadai Luka Terbuka dan Gigitan Nyamuk.

Saat banjir, perlu mewaspadai luka terbuka dan gigitan nyamuk. Usahakan membersihkan luka dengan antiseptik dan biarkan dalam keadaan tertutup agar tidak mudah terkena air banjir.

Tidak hanya itu, sebaiknya juga menggunakan pelindung nyamuk karena serangga yang satu ini berpotensi menyebabkan demam berdarah.

5. Pola Tidur.

Meskipun mungkin akan sulit untuk tidur dalam keadaan banjir, namun begadang merupakan pilihan yang kurang tepat karena akan membuat tubuh semakin tidak fit.

Tidurlah yang cukup untuk memulihkan kembali stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh agar dapat menghadapi banjir tanpa khawatir terserang penyakit.

Artikel ini telah tayang di Qupas.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *