Angkat Potensi Desa, Komunitas GP Berburu Foto di Desa Kedungpoh Nglipar

Desa Kedungpoh di Kecamatan Nglipar baru-baru ini kedatangan tamu istimewa. Mereka adalah para anggota Komunitas Gunungkidul Photography (GP) yang melakukan kegiatan Exploring Desa.Ketua Panitia Exploring Desa Stefanus Sujoko mengatakan sekitar puluhan peserta mengikuti kegiatan ini. Mereka adalah para fotografer profesional.

“Mereka datang dari DIY, Jawa Tengah, Jakarta, bahkan luar negeri. Sebagian besar merupakan pelajar dan mahasiswa,” jelas Sujoko, Minggu (01/03/2020).

Menurutnya, Exploring Desa merupakan kegiatan rutin GP dalam mengangkat potensi desa melalui lensa kamera. Potensi tersebut bisa berupa kerajinan, kesenian, UMKM, hingga wisata dan kearifan lokal. Desa Kedungpoh dipilih lantaran sesuai kriteria Exploring Desa. Sebab desa ini memiliki industri kerajinan kayu, pengolahan minyak klentik berbahan kelapa, serta daur ulang sampah. Tak hanya itu, Desa Kedungpoh ternyata memiliki keunikan dengan pembuatan cinderamata dari Forum Komunikasi Disabilitas Gunungkidul (FKDG) serta tradisi lokal bernama Golong Memule.

“Harapannya setelah foto yang diambil disebar lewat media sosial, nama Desa Kedungpoh ini semakin terangkat dan bisa menjadi salah satu tujuan wisata,” kata Sujoko.

Kepala Desa Kedungpoh Dwiyono menyambut baik kehadiran GP di desanya. Ia pun berharap kegiatan Exploring Desa bisa membantu pihaknya dalam mengangkat potensi Kedungpoh. Sebab menurutnya masih banyak potensi wisata yang bisa digali, seperti jalur motor trail hingga off road.

“Pastinya kegiatan Exploring Desa ini berimbas sangat positif bagi kesejahteraan masyarakat ke depan,” kata Dwiyono.

Exploring Desa GP berlangsung sejak 29 Februari hingga 1 Maret 2020. Kegiatan juga diisi dengan kemah bersama di Dusun Klayar, di mana peserta bisa menikmati indahnya pemandangan matahari terbit dan terbenam. Selain Pemerintah Desa Kedungpoh, kegiatan Exploring Desa GP ini turut mendapat dukungan dari Dinas Kebudayaan Gunungkidul, DPRD Gunungkidul, serta para pihak sponsor.

jogja.tribunnews.com

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *