Pemprov Jawa Tengah Apresiasi Gerak Cepat Relawan Komunitas Sungai di Klaten

Adanya komunitas sungai di Klaten memberikan banyak manfaat bagi masyarakat sekitar. Satu di antaranya adalah Komunitas Sungai Poitan (KSP) yang ada di Desa Jagalan, Kecamatan Karangnongko, Klaten. Selain hadir sebagai bentuk kecintaan terhadap lingkungan, Komunitas Sungai Poitan turut berperan dalam berbagai kegiatan mitigasi maupun tanggap bencana. Peran beberapa komunitas sungai di Klaten kini telah banyak menuai apresiasi dari pemerintah, satu di antaranya datang dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Jawa Tengah, Sarwo Pramono memuji peran komunitas sungai yang ada di Klaten. Di hadapan relawan Komunitas Sungai Poitan pada Minggu pagi (1/3/2020), pihaknya menyampaikan rasa bangga Gubernur Jawa Tengah bahwa komunitas sungai di Klaten ini hampir semuanya menjadi pioner yang maju di Indonesia, sehingga selalu diapresiasi oleh BNPB.

Lebih lanjut, Sarwo Pramono juga kagum dengan semangat gotong-royong dari komunitas dan relawan Klaten dalam beberapa kasus kebencanaan.

“Secara bertahap peralatan dan upaya mitigasi yang dimiliki Komunitas Sungai di Klaten ini semakin baik, sehingga bisa meminimalisir dampak bencana. Kemarin di Klaten waktu tanggul jebol, itu semuanya quick respon, semuanya responsif, bergotong royong hadir menambal bersama-sama. Itu hebat ” ungkap Asisten 1 Setda Provinsi Jawa Tengah dihadapan para relawan dalam acara Hari Ulang Tahun ke 3 Komunitas Sungai Poitan.

Senada dengan pernyataan tersebut, Bupati Klaten Sri Mulyani turut bangga dengan adanya relawan dan komunitas yang memiliki kepedulian sosial tinggi di Kabupaten Klaten. Menurutnya, sudah banyak komunitas di Klaten yang sudah menjadi percontohan di tingkat nasional.

”Saya bangga dengan seluruh relawan dan komunitas di Klaten, yang telah hadir dan bergerak cepat kaitannya dengan kebencanaan. Saya juga ucapkan selamat dan sukses untuk Komunitas Sungai Poitan yang ke 3 Tahun dan berterimakasih karena selama ini telah aktif telah turut serta membangun kabupaten Klaten,” kata Bupati Klaten.

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, Komunitas Sungai Poitan terdiri dari berbagai relawan seperti Jagalan Respon Cepat (JRC), Komunitas Wanita Macan Arly, dan KPS Junior.

Dalam acara peringatan ulang tahun Komunitas Sungai Poitan dihadiri oleh Bupati Klaten dan Asisten 1 Setda Provinsi Jawa Tengah, Dandim 0723 Klaten, Sekda Klaten, Kepala OPD, Camat, Kepala Desa, Kepala Komunitas Sungai Poitan, Perwakilan Relawan, Komunitas Difabel dan Sekolah Sungai se Kabupaten Klaten.

Di penghujung acara, Bupati Klaten dan Asisten 1 Setda Provinsi Jawa Tengah turut melakukan penyebaran benih bibit Ikan Nila.

jogja.tribunnews.com

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *