Webinar Perlawanan Nirkekerasan di Indonesia: ”Barangsiapa meninggalkan kekerasan…”

Tiada hari tanpa perlawanan nirkekerasan – begitu setidaknya menurut pangkalan data Damai Pangkal Damai (DPD), yang merekam aksi-aksi nirkekerasan di Indonesia sepanjang Reformasi. Di antara tahun 1999 hingga 2020, tercatat lebih dari empat belas ribu aksi nirkekerasan dilakukan oleh berbagai komunitas di Indonesia.

Berangkat dari hal itu, DPD bersama dengan Institute of International Studies Universitas Gadjah Mada (IIS UGM) menyelenggarakan serial webinar “Barangsiapa meninggalkan kekerasan…” yang menghadirkan perwakilan dari gerakan-gerakan perlawanan di Indonesia yang mengandalkan strategi nirkekerasan. Mengapa mereka setia memilih nirkekerasan? Bagaimana mereka merancang perlawanan nirkekerasan yang efektif? Apa yang dapat kita lakukan guna mendukung perlawanan mereka?

Webinar ini terdiri atas dua seri. Keduanya berlangsung daring melalui Zoom, terbuka untuk umum, dan tidak dipungut biaya. Silakan mendaftar melalui ugm.id/WebinarNirkekerasan

Webinar 1
📅: Kamis, 29 April 2021
🕐: 14.00-16.00 WIB

Pembicara:
Ibu Aleta Baun
Pokja OAT

Ibu Sukinah
JMPPK

Ibu Arie Utami
Jeda Iklim

Moderator:
Ayu Diasti Rahmawati (UGM)

Webinar 2
📅: Jumat, 30 April 2021
🕐: 14.00-16.00 WIB

Pembicara:
Ibu Sumarsih
JSKK – Aksi Kamisan

Ibu Juwita Djatikusumah
Komunitas Sunda Wiwitan

Saudari Gendis Syari Widodari
Gejayan Memanggil

Moderator:
Diah Kusumaningrum (UGM)

Terima kasih dan sampai jumpa!

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *