Forum Nasional Rintara Jaya Kembangkan Minat Baca di Pulau Sebira

Kamis, 1 Maret 2018, 12 anggota Forum Nasional Rintara Jaya berlayar kembali untuk mengabdi di pulau Sebira. Pulau Sebira atau Sabira merupakan pulau paling utara Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Terletak di ujung utara ibu kota, pulau Sebira dapat ditempuh kurang lebih 8 jam dari Muara Kamal atau Angke menggunakan perahu nelayan, atau 3 jam menggunakan speedboat.

Kegiatan “Untuk Sebira” ini berlangsung dari tanggal 1-4 Maret 2018. Kegiatan ini dilakukan untuk terus memantau perkembangan program pulau binaan Forum Nasional Rintara Jaya, salah satunya pengembangan Taman Baca Masyarakat (TBM) di pulau Sebira yang telah dibangun tahun 2016 saat kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya. Kegiatan “Untuk Sebira” menekankan pada peremajaan Taman Baca Masyarakat (TBM) guna meningkatkan minat baca masyarakat Sebira.

Selain peremajaan Taman Baca Masyarakat (TBM), Fornas Rintara Jaya juga melakukan penyaluran donasi buku, dan riset potensi pulau. Peremajaan TBM diisi dengan pembuatan rak buku, mendongeng dan mengulas buku yang telah dibaca oleh pelajar PAUD – SD. Donasi buku merupakan hasil kerjasama Fornas Rintara Jaya dengan komunitas Sedekah Buku Indonesia. Buku yang didonasikan untuk TBM pulau Sebira terdiri dari buku anak-anak hingga untuk dewasa/umum. Riset potensi pulau dilakukan dengan tujuan mengetahui potensi seni budaya, kewirausahaan dan wilayah. Hasil riset potensi seni budaya selanjutnya akan menjadi dasar pemilihan talent dari pulau Sebira untuk mengikuti Art Camp dan tampil di acara Seni untuk Negeri yang direncanakan akan digelar di bulan Oktober 2018.

Pak Anci, perwakilan dari RW setempat berharap kedatangan kembali tim Fornas Rintara Jaya yang merupakan alumni Ekspedisi Nusantara Jaya ini dapat meningkatkan semangat dan budaya membaca pada masyarakat Sebira, khususnya anak-anak, mengingat pada saat ini anak-anak cenderung terbawa perkembangan jaman, salah satunya lebih menyukai bermain HP. (VAKD)

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave your comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *