Indonesia Berkebun: Sosialisasikan Cara Bercocok Tanam Di Kawasan Perkotaan

Indonesia Berkebun adalah komunitas yang bergerak melalui media atau jejaring sosial dengan tujuan menyebarkan semangat positif peduli lingkungan hidup dan tata kota. Lahirnya gerakan sosial komunitas ini berawal dari sekitar bulan Oktober 2010 melalui akun twitter salah seorang arsitek yang sekarang menjabat sebagai Walikota Bandung, Ridwan Kamil, dan dibantu oleh penggiat-penggiat yang masih aktif hingga sekarang, seperti Sigit Kusumawijaya (arsitek), Achmad Marendes (wiraswastawan), Shafiq Pontoh (ahli media sosial), dan co-initiator lainnya.

Komunitas ini mengajak masyarakat mengenal dan melakukan program urban farming, yaitu memanfaatkan lahan ‘tidur’ di kawasan perkotaan untuk kemudian diubah menjadi lahan pertanian atau perkebunan produktif. Saat ini Indonesia Berkebun sudah berkembang dan menularkan semangat urban farming di 30 kota dan 8 kampus di Indonesia (kota-kota dan kampus-kampus yang tergabung di dalam jejaring Indonesia Berkebun) dengan visi, misi dan tujuan yang sama.

Melalui gerakan positif ini, Indonesia Berkebun dianugrahkan penghargaan oleh Google Asia Pacific untuk kategori Web-Heroes pada tahun 2011, Inspiring Movement for Environment 2013 dari Nutrifood, Finalist Ashoka Changemakers 2013 dan apresiasi-apresiasi lainnya baik dari media nasional hingga internasional juga instansi-instansi lainnya.

FOTO: DOK. INDONESIA BERKEBUN

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *