Komunitas Sekitarkita: Distribusikan Informasi HAM Secara Aktif ke Sekitar Kita

Perkembangan kesadaran terhadap pentingnya hak kita sebagai manusia-yang kemudian dikenal dengan hak asasi manusia (HAM)-telah dimulai sejak berakhirnya Perang Dunia ke-II. Namun tetap saja, masih banyak goresan hitam di sejarah kemanusiaan di dunia, khususnya Indonesia. Maraknya perusakan hutan, rusaknya ekosistem dan ekploitasi alam yang berlebihan telah mengancam alam tempat kita hidup. Budaya bangsa, sebagai salah satu bagian membangun karakter bangsa telah tergerus oleh proses globalisasi di berbagai bidang. Tentunya, banyak sekali faktor yang menyebabkan berlangsungnya proses tersebut. Menurut kami, salah satu faktor penyebabnya adalah tidak tersosialiasinya tentang pentingnya permasalahan tersebut diatas dengan baik dan kurangnya pemahaman terhadap permasalahan yang ada di tengah masyarakat. Di lain pihak, masyarakat mengalami kesulitan dalam mengakses informasi di tentang hak asasi manusia, budaya dan lingkungan serta perkembangannya. Oleh karena itu, diperlukan media yang mudah diakses, sederhana tetapi padat, santai dan komunikatif.

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui tentang instrumen penegakan HAM yang telah berlaku di Indonesia. Selain, lebih sedikit lagi orang yang mengetahui tentang Tesso Nilo, sebuah hutan di Riau yang diancam kerusakan oleh penebangan hutan. Namun tidak sedikit pula yang mengetahui bahwa Nusantara menyimpan warisan budaya yang mulai tersingkirkan.

Melihat berbagai persoalan di atas, dan dimulai dari seminar-seminar jaringan Hak Asasi Manusia yang diadakan oleh lembaga-lembaga peduli HAM, kami menganggap kebutuhan sebuah media yang fokus pada permasalahan diseminasi HAM, Budaya dan Lingkungan menjadi sangat penting, sebagai salah satu alternatif cara sosialisasi. Dalam situs www.sekitarkita.com kami mengangkat topik tentang HAM, Budaya, dan Lingkungan serta perkembangannya dengan sederhana.

Selain itu, kami juga melakukan proses distribusi informasi dengan aktif kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan. Mulai dari pemutaran film, diskusi, pelatihan hingga terlibat langsung dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh berbagai elemen masyarakat.

Sumber: Pamflet

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *