Komunitas Tanaman Karnivora Indonesia (KTKI): Komunitasnya Penggemar Tanaman Karnivora

Dari sekian banyak komunitas pecinta flora dan fauna, terdapat satu komunitas unik bernama Komunitas Tanaman Karnivora Indonesia (KTKI). Dari namanya saja, pasti terbayang kan komunitas ini mengarah kemana. Yaa, komunitas ini merupakan wadah berkumpulnya pecinta tanaman karnivora.

Alasan terbentuknya komunitas ini pun dimulai dengan adanya segelintir orang yang menggemari Nepenthes. Nepenthes merupakan salah satu tanaman berbentuk kantung, yang memangsa serangga. Bentuknya yang seperti kantung, membuat tanaman ini juga dikenal dengan nama Kantong Semar.

Selain unik, ternyata tanaman ini juga tergolong langka. Oleh karena itu, beberapa pecinta tanaman ini membentuk KTKI pada tahun 2006, yang berpusat di Bogor-Jawa Barat. Alasan utama KTKI dipusatkan di Bogor karena suhu udara di kota hujan tersebut, sangat cocok untuk pertumbuhan nepenthes.

Untuk mengembangkan serta menjaga eksistensinya, anggota KTKI kerap melakukan ajang gathering di kawasan Bogor-Jawa Barat. Saking seringnya melakukan ajang gathering, dari tahun ke tahun anggota komunitas ini pun kian bertambah. Dan kini, anggota KTKI terdiri dari beragam kalangan, mulai dari penghobi, petani, peneliti, pengajar, pelajar, pebisnis, pemerhati, pers, hingga anggota masyarakat lainnya, baik yang berdomisili di Indonesia, maupun di negara lain.

Bahkan, tak hanya aktif melakukan gathering di beberapa wilayah Bogor saja, KTKI juga memiliki agenda khusus. Mulai dari ajang pameran tanaman hias hingga meluncur langsung ke Kalimantan. Tujuan ke Kalimantan pun merupakan sebuah ajang menggembirakan bagi para anggota KTKI, yang biasanya diselenggarakan setiap setahun sekali. Pasalnya, anggota KTKI bisa melihat langsung nephentes yang tumbuh subur di habitat aslinya.

Sedangkan untuk fungsi utama dibentuknya komunitas ini adalah untuk menyatukan persepsi perihal tanaman karnivora, serta sebagai pusat informasi bagi siapa saja yang ingin mengetahui lebih dalam tanaman karnivora, terutama nephentes. Dengan harapan, adanya komunitas ini dapat menyelamatkan tanaman ini dari kepunahan. Sebabnya, selain mensosialisasikan nephentes kepada masyarakat banyak, beberapa anggota komunitas ini juga membudidayakannya.

Oleh karena itu, bagi Anda yang juga merupakan penggila nephentes, mungkin Anda bisa ikut bergabung dalam KTKI. Caranya pun mudah, Anda cukup bergabung di fanpage Facebook-nya. Dari fanpage tersebut, admin akan mem-posting agenda kegiatan KTKI. Dari situlah Anda bisa mengeluarkan comment dan ikut berpartisipasi. Ayo lestarikan nephentes!

Sumber: JITU NEWS

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *