BOOK FOR MOUNTAIN: Bangun Perpustakaan Untuk Anak di Pelosok Indonesia

Book For Mountain (BFM) merupakan lembaga sosial non profit yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya dalam hal penyaluran buku dan pembangunan perpustakaan untuk anak-anak di pelosok Indonesia. Sejarah BFM bermula dari adanya kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggarakan Universitas Gadjah Mada pada tahun 2010, saat itu bagian kelompok KKN yang ditempatkan di Lombok Timur memiliki sebuah program untuk membangun perpustakaan di sekolah yang berada pada lokasi tersebut. Hal ini semata-mata karena melihat bahwa di lokasi tersebut memang belum terdapat perpustakaan yang menjadi ruang baca anak-anak, akhirnya didirikanlah enam perpustakaan di sekolah yang berbeda.

Usai dari kegiatan tersebut kemudian sebagian besar dari kelompok KKN itu sepakat membuat sebuah komunitas yang memang fokus untuk membangun perpustakaan di pelosok-pelosok Indonesia. Hal ini didorong rasa ingin berbagi untuk berperan secara kolektif pada permasalahan pendidikan di Indonesia. Sejak didirikan pada tahun 2010 tersebut, hingga saat ini BFM telah berhasil membangun 21 perpustakaan pada 18 desa dan 8 pulau di Indonesia, juga mengadakan sekolah darurat di beberapa pengungsian ketika terjadi bencana alam erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 silam.

FOTO: DOK. Komunitas Book For Mountain

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *