EDUFOR PAPUA: Berikan Kesempatan Anak Papua Mengenyam Pendidikan Lebih Baik

Education for Papua atau disingkat Edufor Papua, merupakan sebuah gerakan sosial di bidang pendidikan yang didirikan oleh Floranesia Lantang, seorang mahasiswi di Universitas Padjajaran, Bandung, yang bertujuan untuk membantu anak-anak Papua yang kekurangan biaya untuk sekolah agar tetap bisa untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.

Komunitas ini didirikan pada bulan Februari 2015, berawal dari pengalaman Flo, panggilan akrab Floranesia, yang melihat fenomena anak-anak di Papua yang berjalan kaki ke sekolah, tanpa memakai ransel dan sepatu setiap pukul 6 pagi, dan pulang sekolah mereka ikut membantu orang tuanya berjualan di pasar hingga larut malam, sekitar pukul 21.00-22.00 WITA.

Kegiatan rutin yang dilaksanakan EduFor Papua yaitu bimbingan belajar dua kali dalam satu minggu, yaitu Selasa-Kamis dan Jumat-Sabtu di dua daerah yang berbeda, yaitu seberang kali kampwolker dan pos 7. Selain kegiatan bimbingan belajar, ada juga program orang tua asuh dan kakak asuh. Keberadaan Edufor Papua, disambut baik tidak hanya oleh anak-anak, namun para orang tua juga. Dan semua para orang tua saat ini sudah mulai menyadari betapa pentingnya pendidikan untuk anak-anak mereka.

FOTO: DOK. Komunitas EduFor Papua

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *