Komunitas Cinta Berkain: Perkuat Jati Diri Perempuan Indonesia Melalui Budaya Busana Berkain

Komunitas Cinta Berkain (KCB) adalah sekumpulan masyarakat yang ingin menghidupkan budaya indonesia dengan mengenakan busana batik yang terlihat sederhana, rapih, dan mudah digunakan.  Pembiasaan yang dilakukan oleh Komunitas Cinta Berkain adalah mengenakan busana tradisi onal bangsa Indonesia dengan memakai kain atau sarung nusantara produk bangsa dari berbagai daerah untuk menjalankan kegiatan kesehariannya secara sederhana, serasi, nyaman, mudah dan santun memakainya, dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kekinian gaya.

KCB memilih sikap peduli pada pelestarian cara berbusana warisan leluhur kita di nusantara ini, busana berkain atau bersarung yang santun sarat akan nilai pendidikan etika yang tinggi ditujukan kepada masyarakat umum terutama generasi muda mendatang.

KCB hadir dengan visi untuk memperkuat jati diri perempuan Indonesia dan mendorong peningkatan citra bangsa di mata dunia, melalui budaya busana berkain atau sarung nusantara, yang akan diwujudkan melalui misi mensosialisasikan busana berkain atau sarung nusantara menjadi busana keseharian perempuan Indonesia, penuh kesantunan, sederhana, menarik dan nyaman memakainya.

Semua kegiatan KCB memiliki tujuan untuk:

  1. Melestarikan budaya Bangsa, khususnya dalam berbusana dalam keseharian dengan berkain.
  2. Menegakkan jati diri perempuan Indonesia yang santun, aktif dan anggun bermatabat.
  3. Menjadikan produksi Dalam Negeri menjadi ‘tuan rumah’ di negeri sendiri, khususnya produksi usaha ekonomi masyarakat berupa pakaian/kain.

Sumber: Website Komunitas Cinta Berkain

DOK. Komunitas Cinta Berkain 

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *