Komunitas Musik Tangerang: Dari Gathering Hingga Bentuk Lembaga Sosial Untuk Belajar Musik

Komunitas Musik Tangerang (KMT) merupakan sebuah organisasi yang bergerak di bidang musik yang berdiri pada bulan Oktober, tahun 2012. Pada awal berdirinya Base Camp Komunitas Musik Tangerang berpindah – pindah lokasi dari 1 rumah anggotanya ke rumah anggota yang lainnya. Namun, 2 bulan kemudian Komunitas Musik Tangerang memiliki Base Camp di Resto & Café Omah Semilir di Jalan Raya Binong No 7 sampai sekarang.

Salah satu kegiatan KMT yaitu gathering yang diadakan setiap 2 minggu sekali di hari Minggu Pada pukul 17.00 hingga selesai. Acara gathering KMT ini diisi oleh pembicara baik yang berasal dari komunitas maupun tamu yang membawakan materi dan juga Tutorial Musik berbeda setiap gatheringnya . Di dalam gathering ini para anggota juga bisa bertanya langsung dengan pembicara yang memberikan materi. Anggota juga bisa saling mengenal para sesama musisi lainnya. dan jika ada yang membutuhkan additional player maupun Pemain tetap bisa saling bertukar informasi. Di dalam gathering ini ada juga sharing tentang info event-event music yang sedang diselenggarakan. lalu Di setiap instrument musik memiliki koordinator masing-masing dan mereka akan dibagi ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan instrument musik yang mereka kuasai.

Dalam menerima anggota, Komunitas Musik Tangerang tidak menetapkan persyaratan tertentu. Asal mereka berminat di musik, baik sebagai pemain, penikmat, atau pengamat musik Dan bervisi yang sama untuk memajukan Komunitas Musik Tangerang. Saat ini anggota yang terdaftar Komunitas Musik Tangerang memiliki latar belakang yang berbeda – beda, seperti pelajar, mahasiswa, karyawan, owner studio musik, koki, pengamen, guru, dll. Yang berhubungan dengan musik maupun tidak sama sekali.

Seiring berjalannya waktu, Komunitas Musik Tangerang melebarkan sayap komunitas dikhususkan untuk memberdayakan para anggotanya. Hingga saat ini Komunitas Musik Tangerang telah membentuk lembaga pembelajaran musik secara sosial yang bernama Beginner For  Lesson Music (BFLM) yang staff pengajarnya berasal dari anggota komunitas tersebut. Sudah beberapa siswa yang belajar di lembaga tersebut. Selain BFLM, Komunitas Musik Tangerang juga telah membentuk sebuah event organizer yang bertugas untuk mengadakan acara – acara komunitas.

Sumber: Blog Komunitas Musik Tangerang

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

1 Comment

  1. M hadi putra says:

    Selamat malam.. saya bisa dapat no kontak yang dihubungi dari KMT?? THANKS..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *