Tips Merawat Barang-Barang Koleksi

Dalam pojokย tips kali ini, Fadly Jackson, begitu ia disapa, memberikan tips bermanfaat untuk merawat barang-barang koleksi agar kualitasnya tetap terjaga. Fadly merupakan anggota dari komunitas Michael Jackson Lovers Indonesia dan telah mengumpulkan setidaknya dua ribu barang koleksi berbau Michael Jackson sejak tahun 1990. Banyak sekali, ya! Tapi, sayangnya, dari jumlah besar tersebut, ada sekitar tujuh ratus barangnya yang rusak atau kemakan rayap. Berbekal kisah yang menyedihkan ini, sebagai kolektor, Fadly punya beberapa tips untuk merawat barang-barang koleksinya.

Pertama-tama, kita harus memisahkan benda-benda koleksi sesuai dengan kategorinya. Menurut Fadly, hal ini perlu dilakukan agar perawatan yang diberikan lebih mudah. Taruhlah buku koleksi dengan buku-buku juga, figur-figur perlu dikelompokkan untuk dipajang, dst. Alangkah lebih baik lagi bila kita menaruh atau memajang set koleksi tersebut di lemari kaca. Hal ini akan mempermudah kita untuk memantau kebersihan dan kondisi barang-barang koleksi tersebut.

Benda-benda koleksi yang tidak tahan air harus dipisah dari rangkaian benda-benda koleksi lainnya. Benda-benda yang tidak tahan air ini kemudian kita taruh di kontainer plastik. Koleksi berupa piringan hitam atau CD selalu ditaruh di tempat yang sesuai; tidak lembab dan tidak terkena paparan sinar matahari langsung. Hal ini dilakukan guna menjaga kualitas piringan tersebut. Beberapa CD milik Fadly kini transparan dan tidak dapat digunakan karena terkena paparan sinar matahari. Belajar dari pengalaman Fadly, kita bisa saja menaruh set CD maupun piringan hitam tersebut di lemari kaca dengan posisi lemari tidak menghadap jendela atau pintu dimana sinar matahari bisa masuk.

Yang paling penting, jangan pernah meletakkan barang-barang koleksi kita di dalam kardus. Ini merupakan pengalaman Fadly yang paling berharga dalam mengoleksi pernak-pernik Michael Jackson. Barang-barang yang diletakkan di dalam kardus akan rentan dimakan rayap, karena rupanya rayap senang dengan kardus. Ingatlah bahwa barang-barang koleksi merupakan barang yang punya ikatan sentimentil dengan kita. Kita harus menjaga benar barang-barang koleksi tersebut dengan baik.

Terakhir, tentu saja, perawatan. Fadly berpesan bahwa perawatan harus dilakukan secara berkala. Tidak harus setiap hari, kok. Bisa juga seminggu sekali. Pokoknya, benda-benda tersebut harus rutin dibersihkan dari debu. Jangan lupa juga untuk mencintai benda-benda koleksi kita. Semoga tips ini membantu teman-teman untuk merawat benda-benda koleksi kalian ya!

Foto: Koleksi Michael Jackson milik Fadly Jackson. Diambil dari akun Instagram milik Fadly.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *