Koalisi Perempuan Indonesia: Membentuk Persaudarian Yang Teguh

Pada Tanggal 18 Mei 1998, sekelompok perempuan aktivis di Jakarta dengan dukungan 75 aktivis perempuan dari berbagai daerah di Indonesia membentuk sebuah Koalisi, yaitu Koalisi Perempuan Indonesia untuk Keadilan dan Demokrasi, kemudian disingkat Koalisi Perempuan Indonesia. Koalisi Perempuan Indonesia dibentuk sebagai aksi dari gerakan reformasi pada masa orde baru.

Sampai saat ini, Koalisi Perempuan Indonesia terus berjuang untuk mewujudkan keadilan dan demokrasi dengan berpegang teguh kepada nilai-nilai dan prinsip kejujuran, keterbukaan, persamaan, kesetaraan, persaudarian (sisterhood), kebebasan, kerakyatan, kemandirian, keberagaman, nonsektarian, nonpartisan, nirkekerasan, berwawasan lingkungan dan solidaritas pada rakyat kecil dan yang tertindas. Disamping itu, Koalisi Perempuan Indonesia juga menolak segala bentuk diskriminasi berdasar jenis kelamin, kelas sosial, agama, kepercayaan, ras, etnis, orientasi seksual, warna kulit, bentuk tubuh, kemampuan fisik yang berbeda (difable), usia, status perkawinan, pekerjaan, pandangan politik, dan perbedaan- perbedaan lainnya, serta merawat lingkungan hidup.

Foto dan narasi diambil dari laman resmi KPI.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *