Airlangga Equine Club: Tidak Hanya Belajar Menunggang, Tapi Juga Merawat Kuda

Keinginan untuk memperdalam pengetahuan tentang kuda mendorong anggota Airlangga Equine Club mengajukan permohonan kegiatan magang di Detasemen Kavaleri Berkuda TNI AD. Tanpa mereka duga sebelumnya, di kavaleri itu mereka bertemu dengan beberapa alumni senior FKH UNAIR yang menjadi dokter kuda.

Setiap dua minggu sekali, Airlangga Equine Club menggelar perkuliahan tentang kuda. Mereka mendatangkan dokter senior alumni FKH UNAIR untuk memberikan kuliah tentang medis kuda. Di bidang keolahragaan, kuliah diberikan oleh pemilik klub kuda di Kenjeran.

Airlangga Equine Club merupakan club atlet maupun medis berkuda yang berdiri di Universitas Airlangga. Komunitas ini didirikan pada tanggal 8 Mei 2015.

Mengingat berkuda merupakan salah satu cabang olahraga, komunitas ini juga melatih anggotanya untuk menguasai teknik menunggang kuda. Selain mendalami bidang medis dan atlet, Airlangga Equine Club juga mempelajari cara merawat kuda. Mereka ikut bergabung bersama klub berkuda di Kenjeran.

“Saya sempet magang juga. Jadi tahu bagaimana kuda yang dehidrasi itu cirinya seperti apa, terus bagaimana cara penanganannya. Juga tentang perawatannya. Anggota yang lain juga sudah belajar tentang bagaimana perawatan sebelum dan setelah menunggang,” tutur Bagas Maulana Prapditia Giotama, ketua Airlangga Equine Club.

Sumber: UNAIR News

FOTO: DOK. Akun FB Airlangga Equine Club

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *