Komunitas Biru Kasih; “Sharing, Caring and Empowering”

Komunitas Biru Kasih (KUBIK), berdiri pada 12 November 2013, KUBIK merupakan wadah bagi para pemuda yang peduli pada isu-isu disabilitas. Karena menurut KUBIK bahwa semua orang adalah setara dan berhak untuk maju. KUBIK mempunyai prinsip SHARING (berbagi), CARING (peduli), dan EMPOWERING (memberdayakan), serta menjadi acuan untuk memberikan nilai-nilai positif kepada masyarakat, terutama pada orang-orang difabel. KUBIK percaya pada kekuatan tekad, semangat maju, dan kolaborasi untuk membantu teman-teman difabel melangkah ke depan.

Misi dari KUBIK adalah satu tekad, semangat peduli, berbagi, dan kolaborasi untuk memberdayakan penyandang disabilitas. Program KUBIK tidak hanya semata di Kota Malang saja namun berani melebarkan sayap untuk daerah Jawa Timur. Program KUBIK yang sudah pernah berjalan diantaranya Pohon Kasih, dimana program ini diwujudkan dengan pemberian 1 bibit pohon kepada 1 keluarga difabel. Bibit pohon yang ditanam merupakan bibit buah mangga yang merupakan jenis tanaman tahunan, memiliki tingkat produktivitas tinggi, dan cocok untuk lahan kering. Adapun tujuan dari program pohon kasih adalah penghijauan, nilai tambah dalam hal gizi dan ekonomi keluarga difabel, serta pemberdayaan warga difabel.

Program lain adalah Lampion Cinta, program ini berbentuk kegiatan pelatihan kepada warga melalui pembuatan lampu lampion. Sasaran dalam program Lampion Cinta adalah kaum muda, warga kurang mampu, dan warga difabel. Tujuan dari program Lampion Cinta guna untuk melatih keterampilan kerajinan tangan untuk warga agar memiliki referensi usaha.

Sumber: Halo Malang

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *