Tips Touring Untuk Kamu Yang Menggunakan Sepeda Lipat

Sepeda lipat selama ini lebih dikenal sebagai sepeda untuk penggunaan di perkotaan. Padahal sebenarnya tidaklah sepenuhnya demikian. Sepeda lipat atau yang sering disebut ‘Seli’ juga bisa digunakan untuk menempuh perjalanan jauh atau touring yang telah populer dilakukan oleh banyak penggemar Seli di luar negeri.

Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu diketahui dan disiapkan sebelum melakukan touring dengan Seli. Apa saja? Berikut beberapa tip dari salah satu anggota komunitas Saturday Morning Riders (Samori), Anhar Ary.

Persiapan
Pertama, siapkan perjalanan yang akan dilakukan, kemana dan berapa lama waktu yang dibutuhkan. Sehari sebelumnya, siapkan fisik dengan baik, dengan istirahat yang cukup dan menerapkan pola makan/carbo loading yang baik.

Untuk keesokan harinya, lanjutkan dengan menyiapkan sepeda masing-masing. Sebelum berangkat, cek kelengkapan sepeda, seperti pannier (tas sepeda), pompa, botol minum, senter dan kalau perlu ditambah dengan cyclo computer.

Lalu, jangan lupa untuk memeriksa kondisi brake pad (bantalan rem), cara kerja komponen rem, brake lever (tuas rem), kabel rem dan komponen lainnya.

Setelah semuanya siap, jangan lupa untuk melakukan stretching (peregangan) dan doa bersama dengan rekan-rekan seperjalanan.

Selama di Perjalanan
Saat di perjalanan, setiap 20km, disarankan untuk berhenti. Kesempatan ini digunakan juga untuk sekaligus istirahat dan re-grouping, memeriksa kondisi sepeda dan personil.

Beberapa bagian sepeda yang dicek adalah tekanan ban, rem, dan jari-jari serta kelengkapan yang lainnya.

Setelah dirasa cukup dan bila semuanya baik-baik saja, maka perjalanan bisa dilanjutkan. Sebelumnya, tentukan kembali titik atau lokasi untuk makan siang atau istirahat selanjutnya.

Di Tujuan
Setelah tiba di tujuan dan mendapatkan penginapan, luangkan waktu untuk melepas lelah. Setelah beristirahat 1 hingga 2 jam dan relaksasi, lanjutkan dengan bersantap untuk mengganti karbohidrat yang telah terbuang selama di perjalanan.

Sumber: Sportku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *