6 Tips Aman Damai Sentosa di Dunia Maya dari sobatASK

Semua orang pasti mau punya pasangan yang pengertian dan bikin nyaman, baik di dunia nyata maupun dunia maya. Tapi, kadang hal-hal kecil yang dia lakukan di dunia maya bisa membuat kita enggak nyaman: memaksa minta password media sosial, melacak kamu pergi ke mana berdasarkan lokasi kamu di Instagram atau Path, bahkan bobol hape kamu dan buka-buka isinya.

Untuk menghindari kekerasan di dunia maya seperti ini, ada beberapa tips oke dari teman-teman kami di Love is Respect:

1. Atur Privasi Media Sosialmu

Media sosial seperti Facebook membolehkanmu mengatur siapa saja yang boleh melihat foto, posting, dan profil kamu. Di Instagram dan Twitter, kamu juga bisa membuat akun kamu private sehingga isi akunmu hanya bisa dilihat orang yang sudah kamu approve. Perhatikan dan gunakan baik-baik aturan privasi ini.

2. Tidak Memposting Hal yang Terlalu Pribadi

Sebaiknya, jangan posting hal-hal yang terlalu pribadi atau yang menurutmu tidak perlu diketahui publik.

3. Lindungi Informasi Pribadi

Informasi seperti nomor telpon dan alamatmu bisa membuatmu diancam atau diintimidasi secara langsung. Sementara, informasi seperti tanggal lahir, sekolahmu, nama kantormu, dan foto dengan tag lokasi bisa membuat orang lebih mudah mencari tahu di mana kamu tinggal atau bersekolah.

Sialnya, banyak orang enggak sadar bahwa mereka membagi informasi ini di profil media sosial mereka.

4. Punya Batasan di Media Sosial

Kamu bisa meminta orang lain untuk tidak ngepost informasi pribadi, ujaran kebencian, ngetag foto kamu, atau nge-check in kamu di suatu lokasi tanpa seizin kamu. Kamu juga boleh meminta temanmu menghapus foto atau postingnya tentang kamu bila menurutmu isi posting atau foto itu bersifat pribadi.

Di Facebook, misalnya, kamu bisa mengatur agar foto atau status yang tag kamu tidak otomatis muncul di dinding kamu kecuali sudah kamu approve.

5. Rahasiakan Password Kamu

Kalau kamu memberi password akun media sosialmu pada siapa pun, mereka bisa bermain-main sesuka hati dengan isi media sosialmu. Jaga privasimu dan jangan sebarkan password media sosialmu pada siapapun.

6. Jangan Lakukan atau Ucapkan Apapun di Dunia Maya yang Tidak Mungkin Kamu Lakukan di Dunia Nyata

Memang nyampah di dunia maya itu lebih nyaman. Tapi, konfrontasi di dunia maya bisa merembet ke dunia nyata, lho. Sebaiknya hati-hati aja deh.

Jika kamu menjadi korban kekerasan di dunia maya, atau kenal seseorang yang jadi korban, jangan khawatir karena #KamuTidakSendirian. SobatASK kenal banyak konselor dan pendamping yang bisa membantu menyelesaikan masalahmu.

Foto dan tips diambil dari laman resmi sobatASK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *