Teater Garasi: Bentuk Lingkungan Kreatif Bagi Seniman Pertunjukan

Didirikan pada tahun 1993, Teater Garasi dilandaskan dengan keyakinan dan juga latihan seni pertunjukan sebagai sebuah cara untuk memproses dan memproduksi pengetahuan. Selain itu, Teater Garasi juga terlibat secara dialektik dengan lingkungan sosial dan politik. Dengan visi dan juga latihan yang begitu intens sejak tahun 2000, karya-karya dan juga para seniman di Teater Garasi telah melanglang buana ke berbagai pertunjukan seni internasional (Singapura, Berlin, Tokyo, Shizuoka, Osaka, New York, Amsterdam).

Pada tahun 2013, Teater Garasi menerima penghargaan Prince Claus karena semangat petualang dan karya pertunjukan yang luar biasa di Asia Tenggara.

Garasi Performance Institute adalah sebuah institut yang digagas oleh Teater Garasi yang bertujuan untuk membuat dan mendorong terbentuknya sebuah lingkungan kreatif bagi seniman pertunjukan di Indonesia dan Asia. Untuk mencapai tujuan-tujuannya, Teater Garasi mencanangkan beberapa program seperti: knowledge sharing and dissemination, performance production and laboratory, kearsipan dan penerbitan, dan juga program artist-in-residence. Sebagai inisiatif, Garasi Performance Institute adalah sebuah usaha untuk menyebarluaskan dan menginstitusikan pengalaman bertahun-tahun Teater Garasi dalam pengetahuan produksi dan kreasi kolektif.

Foto dan narasi diambil dari laman Facebook Teater Garasi.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *