Sambut Hadiknas, Koster Berikan Pendidikan “Safety Riding” Ke Sekolah-Sekolah

Dalam rangka hari Pendidikan Nasional pada tanggal 2 Mei 2016, KOSTER (KoMunitas Suzuki ThundER) Indonesia menyambutnya dengan memberikan pendidikan safety riding ke sekolah-sekolah. Kegiatan pendidikan safety riding tersebut dilaksanakan di 2 sekolah di kota yang berbeda yaitu SMK Negeri 3 Kota Probolinggo, Jawa Timur dilaksanakan oleh KOSTER korwil (Koordinasi Wilayah) Probolinggo dan SMK Negeri Winongan berlokasi di Jalan Raya Bandaran Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur yang dilakukan oleh kOSTER korwil Pasuruan.

Siti Rohma Hadi, SPd, MPd, Kepala sekolah SMKN 3 Kota Probolinggo merasa senang dengan dipilihnya lembaga yang beliau pimpin sebagai lokasi sosialisasi keselamatan berkendara. Ia menyadari, lokasi sekolah yang berada Jalan Pahlawan 26A Kota Probolinggo merupakan jalur one way sangat rawan terjadi kecelakaan. Oleh karenanya, Siti Rohma berharap di tahun-tahun selanjutnya, sekolahnya kembali dipilih untuk menjadi lokasi sosialisasi keselamatan berkendara. “Agar generasi-generasi selanjutnya juga memahami tata cara berkendara yang baik dan benar,” ujar Siti Rohma.

Untuk pelaksanaan kegiatan pendidikan safety ridingdi SMK Negeri 3 Kota Probolinggo rangkaian acara dimulai dengan sosialisasi pada pukul 11.00 hingga 13.00 WIB.

Menghadirkan dua nara sumber yakni Bro Khenedy K.I.102, Bro Asep K.I.0986 dan Bro Thio K.I.1062 dipandu oleh bro Bro Andrey selaku MC mendapat sambutan antusias para peserta dari kalangan para pelajar sekolah menengah ini.

Para peserta sosialisasi kerap mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Mereka menanyakan beberapa hal, mulai dari persiapan yang dilakukan sebelum berkendara, hingga cara berkendara yang baik dan benar.

Lailatul (16), salah seorang peserta mengaku senang dengan adanya kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Koster Probolinggo di sekolahnya.

Haris Prasetyawan, SST.Par, MM.Par, Waka humas SMK Negeri 3 mengaku sangat terbantu dengan adanya sosialisasi keselamatan berkendara yang dilakukan oleh rekan-rekan Koster. Dirinya pun membenarkan jika para siswa atau pun guru sangat rawan menjadi korban kecelakaan. “Memang kendaraan yang lewat di depan sekolah kami kencang-kencang. Jadi, memang sangat dibutuhkan kewaspadaan yang super, agar terhindar dari kecelakaan,” kata Haris.

Haris berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini para siswa dapat sedikit memahami cara berkendara yang baik dan benar sehingga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Sedangkan kegiatan pendidikan safety riding Koster  di SMKN Winongan aktifitas dimulai dengan sosialisasi pada pukul 08.00 WIB, sambutan para pelajar cukup antusias. Ini dibuktikan pada sesi kuis para pelajar sangat semangat untuk menjawab pertanyaan atau kuis yang diberikan oleh narasumber. Keseruan terlihat saat para penanya mendapatkan hadiah.

Anggota KOSTER Korwil Pasuruan yang terlibat sosialisasi kurang lebih setengah dari anggota Koster Korwil Pasuruan, di antaranya adalah : Bro Kenthank K.I.1071 sebagai Fotografer kegiatan, Bro Candra K.I.1072 sebagai MC, Bro Danur K.I.1074 sebagai Narasumber, Bro Iyunk K.I.107, Bro Lukman K.I.1089 , Bro Dimas Perintis & humas KOSTER Pasuruan juga sebagai Narasumber sekaligus perwakilan jajaran DISHUB kabupaten Pasuruan,  Bro Fendi dan Bro Usman.

Perwakilan Kepala Sekolah, Miftakhul Jannah, Spd. sangat mendukung bahwa kegiatan positif ini menuturkan kalau beginikan enak mas kita jadi mengerti pentingnya safety riding di jalan, kita juga jadi mengatahui  bahwa klub atau komunitas motor itu kegiatannya banyak yang positif, tidak hanya touring tidak jelas dan ugal-ugalan di jalan. “Harapan saya kegiatan seperti ini terus dilakukan agar siswa – siswi tidak sembrono di jalan,” begitu ucap wakil kepala sekolah SMKN winongan tersebut.

Nanang Firmansyah, siswa kelas XI yang mengikut kegiatan ini mengatakan, “Saya sangat senang karena disini saya mendapat ilmu dan pelajaran baru yang tidak di berikan di sekolah.”

Siswanto menambahkan, “Kegiatan ini merubah pandangan saya, yang dulunya saya beranggapan semua komunitas motor itu tidak baik ternyata anggapan saya itu salah, terimakasih Koster pasuruan” tutur siswa tersebut yang kami tanya tentang kegiatan ini.

Sumber: Autorev Indonesia

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *