Komunitas Blogger Jambi: Cek Dulu Nomor Kontak Owner Toko Online di Google

Berbelanja online memang memiliki keasyikan tersendiri. Agar tidak merugi atau tertipu ada beberapa tips yang harus dilakukan.

Hal utama yang harus dilakukan adalah memilih toko online yang terpercaya dan sudah banyak yang merekomendasikan. Jika berbelanja melalui akun media sosial seperti Facebook atau Instagram, cek nomor kontak ownernya lewat Google. Apakah ada rekam jejak negatif? Kalau tidak, silakan lanjutkan berbelanja.

Anda juga perlu mengecek testimoni konsumen yang sudah pernah berbelanja di sana. Pastikan juga toko onlinenya mencantumkan alamat lokasi yang benar.

Sebelum transfer, cek juga nama rekeningnya. Apakah sesuai dengan yang dicantumkan di toko online tersebut.

Dari sisi harga, biasanya toko online yang recommended harganya tidak berbeda jauh dari harga pasaran.

Bagi pemula, untuk lebih aman berbelanja online, bisa memilih belanja di market place seperti Tokopedia, Bukalapak dan sebagainya. Di market place mereka menyediakan rekening bersama. Ini membuat uang yang kita transfer tidak langsung ke penjual sebelum barang yang kita pesan sampai di tempat.

Tidak kalah penting untuk dilakukan adalah segera minta nomor resi pengiriman setelah barang dikirim. Biasanya nomor resi baru memunculkan data setelah paling lama 1×24 jam. Namun jika menemukan nomor resi yang no data sebelum 24 jam, jangan suudzon dulu.

Untuk yang berbelanja menggunakan aplikasi baik berbasis Android atau iOS, pastikan aplikasi itu aman. Karena biasanya di sana akan diminta untuk mengisi data pribadi seperti nama alamat dan nomor kontak. Jangan sampai data yang diberikan disalahgunakan oleh orang lain.

Untuk penjual yang berada di satu kota yang sama dengan pembeli, upayakan ajak ketemuan atau cash on delivery (COD).

Terakhir, jika barang yang dibeli berupa barang elektronik, pastikan si penjual memberi garansi dan layanan purna jual.

Ilustrasi dan tis diambil dari TribunJambi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *