Komunitas Ruang Baca & Kreativitas Tanah Ombak Bersama Coca Cola Amatil Indonesia Dukung Gerakan Ayo Membaca

Dalam rangka memperingati rangkaian beberapa hari besar nasional di bulan Mei 2016, mulai dari Hari Pendidikan, Hari Buku dan Hari Kebangkitan Nasional, Coca-Cola Amatil Indonesia bersama dengan Komunitas Ruang Baca dan Kreativitas Tanah ombak, yang merupakan ruang bagi gerakan literasi dengan perpustakaan sebagai wadah atau basis pergerakannya, Jumat 20/5/2016 menggelar acara bertajuk BAKTI KREATIF LITERASI.

Melalui kegiatan ini Coca-Cola Amatil Indonesia mengajak generasi muda di Padang untuk terus belajar melalui GERAKAN AYO MEMBACA, kegiatan dilaksanakan di Purus Pantai Padang. Membaca adalah kewajiban bagi anak-anak Tanah ombak untuk mendukung kegiatan kesenian, seperti seni teater, musik, tari dan lukis.

Tanah ombak mendidik anak-anak di sekitar pantai Purus Padang, yang secara ekonomi banyak yang kurang beruntung. Gerakan literasi, penamaan yang lebih dimaknai, membangun potensi anak-anak dan remaja setempat dengan menyediakan wadah untuk menjadi cerdas dan kreatif. Termasuk antara lain, bermain film, dan menghidupkan kembali permainan anak-anak tardisional Minangkabau.

Gerakan membangun budaya membaca, adalah program pokok tanah ombak, yang melibatkan para relawan, tokoh masyarakat dan beberapa birokrat yang peduli. Pencapaian yang akan diraih, selain memperkecil angka buta aksara di kota Padang, juga menjadikan membaca sebagai kebanggan, perpustakaan sebagai tempat yang patut dikunjungi karena”konsep menyenangkan” muncul dari dalam hati yang terlanjur cinta pada membaca.

Bakti Kreatif Literasi hari ini , merupakan wujud lain pencapaian gerakan untuk tampil berani lebih kreatif. Setidaknya, program Bakti kreatif literasi ini, merupakan program pelejitan potensi yang ada dimiliki anak dan remaja atau masyarakat setempat, untuk peduli pada lingkungan hijau, karena menyadari kebutuhan orang-orang cerdas adalah niscaya dengan suasana asri, nyaman dan belajar lebih baik dan kreatif.

Yusrizal sebagai inisiator Tanah Ombak dan Ketua Padang Membaca, dalam keterangan persnya menilai Bakti Kreatif Literasi, menjadi penting, karena di dalamnya menanamkan partisipasi warga atau anak-anak dan remaja Tanah ombak untuk menjadi berarti karena kreatif. Ini cara cerdas Coca-Cola Amatil Indonesia dan Tanah ombak dalam membangun gerakan membaca, dengan gerakan literasi, tanpa ada rasa berat di hati. Bagai main-main, tapi dampaknya bukan main.

Yayan Sopian CA Regional Manager West Indonesia, mengapresiasi semangat anak-anak tanah ombak untuk bisa terus berkarya ditengah sempitnya ruang dan sarana kreatif anak-anak Indonesia di Padang untuk bisa tampil dengan segala keterbasan yang dimiliki dan menunjukan kita bisa dan hasilnya luar biasa …dan kami mendukung kegiatan komunitas ini untuk terus berkembang dan bermanfaat bagi lebih banyak orang.

Dalam kesempatan ini Coca-Cola Amatil Indonesia melibatkan karyawannya di Central Sumatera Operation untuk ikut menjadi relawan mendampingi dengan anak-anak dan pengurus Komunitas Ruang Baca dan Kreatif Tanah Ombak dalam pembuatan pot bunga kaya warna dan rak buku  lengkap dengan koleksi buku pengetahuan dan lingkungan yang akan ditempatkan di sanggar tempat mereka berkegiatan.

Sumber: Lampung Pagi
Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *