Berhemat Tanpa Harus Pelit

Hemat pangkal kaya, begitu kata pepatah lama…

Ada benarnya juga sih, meski penerapannya (ternyata) nggak semudah yang dibayangkan. Di saat kamu lagi berusaha mengencangkan ikat pinggang, di depan sana begitu banyak godaan yang menanti. Mulai dari diskon gede-gedean di berbagai pusat perbelanjaan hingga tergiur mencicipi menu baru di resto favoritmu. Wajar sih, manusia kan memang banyak maunya, he..he..he.

Walau sulit, ada baiknya hidup hemat diterapkan sejak usia muda. Jangan sinis dulu, ya! Tujuannya baik kok, demi masa depan yang cerah dan menawan, cieeee…cieeeee… Salah satu cara ampuh untuk berhemat adalah dengan mencatat rincian pengeluaranmu per bulan. Dengan begitu, kamu akan tahu ke mana saja uangmu “mengalir” sekaligus menyortir pengeluaran mana saja yang bisa dipangkas bulan depan.

Tapi, hidup hemat juga jangan sampai berlebihan, ya! Saking bertekad hidup hemat, bisa jadi kamu kebablasan alias berubah jadi pelit! Duh, susah deh kalau berurusan sama orang pelit, jadi serba salah!

Kalau kamu punya kakak, adik, pacar atau teman yang terkenal pelit, jangan nyerah dulu, Sob! Coba deh, ajak mereka ikutan kegiatan berbagai komunitas sosial yang suka berbagi ke banyak orang. Siapa tahu, melalui cara ini kadar pelitnya bisa berkurang, he..he..he.

Dapatkan inspirasi untuk belajar berbagi dari video di bawah ini!

Kalau kalian nggak mau ketinggalan informasi kegiatan dari berbagai komunitas bersama Sebangsa, unduh aplikasi Sebangsa di http://sbgs.in/android . Dapatkan informasinya di akun @KomunitaID dan grup +KomunitaID di aplikasi Sebangsa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *