Komunitas Pecinta Burung Ngabuburit Sambil Melatih Burung Merpati di Pantai Talise

Banyak Kegiatan positif yang dilakukan warga Palu terutama bagi mereka umat Islam yang menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan kali ini untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa. Salah satunya adalah dengan mengelus hewan peliharaan, seperti yang dilakukan komunitas pecinta burung merpati, mereka mengelus-elus burung kesayangannya dengan terus dilatih agar tangguh terbang cepat.

Kamis 9 juni 20116, sekira pukul 16.00 Wita, pinggiran Pantai Talise atau tepatnya di lokasi penggaraman di sekitaran Kampung Nelayan mulai dipadati lalu lalang orang-orang yang mengendari sepeda motor sambil memanggul sangkar, mereka hilir mudik membawa belasan ekor burung merpati untuk dilatih terbang.

Dari jarak hampir satu kilometer, belasan burung merpati jantan dilepas, lalu terbang cepat menemui sang betina yang dipegang pemiliknya. Itulah model lomba terbang cepat burung merpati yang digelar komunitas pecinta burung merpati untuk mengisi waktu sebelum berbuka puasa.

Menurut Ketua Komunitas Pecinta Burung Merpati, Edi, kegiatan tersebut dilakukan bersama rekan-rekannya sesama pecinta burung untuk mengisi waktu menjelang berbuka puasa. Ini adalah keseempataan mereka melatih burung-burung mereka agar terbang lebih cepat sehingga dalam perlombaan burung merpati yang kerap digelar bisa mendapat juara.

“Memang sih, di hari-hari biasa kami juga menggelar latihan seperti ini, tapi saat bulan ramadan ini suasanannya terasa berbeda karena kami menggelar latihan burung ini sambil menunggu waktu berbuka puasa,” jelas Edi.

Bahkan, suasana latihan burung itu juga mendapat perhatian warga yang melintasi pantai Talise yang ikut menonton. Terlihat beberapa kelurga asyik menaakssikan latihan terbang cepat burung merpati.

“Asyik juga kami jalan-jalan mampir lihat latihan lomba terbang burung merpati,” kata Andi Baso warga yang ikut melihat latihan burung merpati.

Sumber: Metro Sulawesi

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *