Lakukan Hal-Hal Ini Supaya Perjalanan Mudik Aman

Tak terasa, sebentar lagi akan Lebaran, biasanya di penghujung Ramadan ini, banyak masyarakat kita yang melakukan tradisi mudik atau perjalanan pulang kampung bertemu dengan sanak saudara tercinta.

Nah, bagi Anda yang ingin  pergi mudik menggunakan mobil pribadi, berikut ini adalah beberapa tips mudik aman menggunakan mobil pribadi dari Ery, selaku Koordinator dari Indonesia Peugeot 504 Community.

Periksa kondisi mobil

Sebelum melakukan perjalanan jauh tentu Anda harus memeriksa kondisi mobil. Mulai dari servis rem, cek pengapian, as mobil dan lain sebagainya.

Cek tekanan ban

Cek tekanan ban yang sesuai dengan ukuran ban dan beban yang dibawa. Jika tekanan ban kurang dari 20 % akan membuat boros kendaraan Anda sebesar 10%.

Jangan terlalu banyak membawa barang

Barang bawaan jangan sampai melebihi kapasitas. Baik itu kapasitas mobil itu sendiri, maupun dari segi daya angkutnya. Contoh, mobil sedan: ya cukup di Bagasi aja, jangan ada tambahan di Roofrack karena akan memaksa kinerja mesin.

Begitu juga untuk mobil Niaga, sebaiknya disesuaikan dengan kapasitas mobil saja. Jangan sampai melampaui batas maksimal daya angkutnya. Karena selain akan boros BBM, tentu mengurangi kenyamanan dan keamanan.Tak hanya itu, juga akan membebani kinerja mesin itu sendiri.

Gunakan AC secara proporsional

Kurangi kerja mesin dengan mematikan AC ketika tidak diperlukan. Pada situasi tertentu harus menjaga aerodinamis kendaraan dengan mengurangi hambatan udara yang menambah beban mesin, yaitu dengan menutup jendela. Pada kondisi ini kita memang membutuhkan AC di dalam mobil.

Bawa perlengkapan mobil

Bawa perlengkapan alat untuk mengatasi kerusakan yang bisa kita tangani sendiri, seperti ban kempes, mesin pincang, dll.

Pasang selalu sabuk pengaman.

Keamanan dalam berkendaran adalah nomor satu, sebab itu pastikan agar sabuk pengaman terpasang dengan sempurna. Sabuk pengaman yang terpasang dengan tepat setidaknya akan mengurangi resiko cidera jika terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan ketika mengemudi.

Selamat mudik dan selalu berhati-hati dalam perjalanan!

Sumber: tnol

FOTO DOK. Akun Instagram benbalague

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *