Bekasi Indie Community; Dari Komunitas Hingga Rilis Album

Kata “Indie” yang merupakan singkatan dari kata “Independen”, menjadi nama sebuah komunitas di Bekasi. Komunitas yang menaungi sejumlah band ini bernama Bekasi Indie Community. Bekasi Indie Community dibentuk sejak awal 2009. Awalnya, komunitas ini bukan hanya bergerak di bidang musik, melainkan ada pula fotografi dan sulap.

“Dulunya, komunitas ini komplit ada fotografi, sulap, sekarang karena mereka sudah dewasa, hobinya beda-beda, regenerasi, jadi sekarang lebih fokus ke band,” ujar Ricky selaku koordinator Bekasi Indie Community.

Seperti komunitas pada umumnya, Bekasi Indie Community kerap kali mengadakan pertemuan untuk sharing acara, info, atau event, serta membicarakan plan ke depan. Ada pun kegiatan yang pernah diselenggarakan, seperti menggelar pertunjukan musik dan penggalangan dana untuk korban bencana.

Istimewanya, Bekasi Indie Community akan mengisi acara perayaan Hut Kota Bekasi ke-19 pada 12 Maret 2016, di Stadion Bekasi. Ada sebanyak 18 band yang akan tunjuk gigi. Ricky pun dengan antusias menjelaskan, “Di tanggal 12, Bekasi Indie Community membuat suatu acara musik dengan cara kita, pertunjukan musik ada Hip Hop, ada Pop Punk, ada Punk, all genre. Untuk genre Metal, mereka yang menjadi panitianya.”

Penerimaan anggota untuk komunitas ini terbuka dan tidak memiliki syarat tertentu. Siapa pun warga Bekasi boleh bergabung. “Siapa saja warga Bekasi yang mau gabung, kami welcome!” seru Ricky.

Ricky menuturkan bahwa di tahun 2016 ini sudah ada 5-6 band dari Bekasi Indie Community yang mengeluarkan album dan sudah mulai tour. Sesuai dengan arti “Indie”, album tersebut dibuat, didistribusikan, dan dijual sendiri. By the kid, from the kid, for the kid, begitulah istilahnya. Album pun dijual melalui toko, distro, serta hand to hand.

Ricky mengutarakan harapan dari komunitas ini, “Semoga band-band Bekasi dapat berkualitas, punya potensi, dan dimunculkan di tempat-tempat lain (selain Bekasi).”

Sumber: Info Bekasi

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *